Home Software 5 Macam Web Browser Terbaik Saat Ini

5 Macam Web Browser Terbaik Saat Ini

by TendaTekno

Web browser adalah sebuah perangkat lunak atau software yang digunakan untuk mengakses berbagai macam website. Saat pengguna membuka sebuah halaman website, web browser akan menerima konten-konten yang diperlukan dari server website lalu menampilkannya. Web browser pertama di dunia bernama WorldWideWeb yang dikembangkan oleh Tim Berners-Lee dan dirilis pada tahun 1990. Pada artikel ini kita akan membahas fungsi web browser dan macam-macam web browser terbaik saat ini.

macam-macam web browser terbaik
(foto: unsplash.com)

Fungsi Web Browser

1. Membuka sebuah website

Salah satu fungsi utama dari web browser adalah untuk membuka sebuah website. Kita cukup mengetikkan alamat website atau domain pada address bar lalu menekan tombol Enter, maka website yang ingin kita kunjungi akan segera terbuka.

2. Mengunduh (download) file dari internet

Ada berbagai cara mengunduh atau download file melalui internet. Kita bisa mengunduh file menggunakan FTP, wget, Windows PowerShell, BitTorrent, dan cURL. Namun menggunakan web browser merupakan cara termudah untuk mengunduh file dari internet. Kita cukup melakukan klik pada link yang tersedia pada website tempat kita akan mengunduh file tanpa harus mengetikkan berbagai macam perintah menggunakan keyboard.

3. Mengunggah (upload) file ke internet

Selain mengunduh file, kita juga bisa dengan mudah mengunggah file melalui web browser. File yang dapat diunggah bisa berupa dokumen, gambar, video, audio, dan lainnya sesuai dengan layanan atau website yang kita gunakan.

Macam-macam Web Browser Terbaik

A. Google Chrome

logo google chrome
Logo Google Chrome

Google Chrome merupakan web browser milik Google yang diluncurkan pada tahun 2008. Google Chrome pertama kali diluncurkan untuk sistem operasi Windows, kemudian merambah ke sistem operasi lainnya seperti Linux, macOS, Android, dan iOS. Google Chrome memiliki tampilan yang sederhana namun memukau.

Dengan menggunakan menggunakan Google Chrome, kita bisa merasakan bagusnya fitur sinkronisasi antar perangkat apabila sudah masuk ke dalam akun Google. Dengan fitur tersebut, kita bisa mengakses data yang sudah tersimpan, bookmark, dan riwayat penelusuran dari berbagai macam perangkat terhubung.

Untuk saat ini, Google Chrome menjadi web browser dengan pengguna terbanyak di dunia yaitu sebesar 64%. Sedangkan di Indonesia, jumlah pengguna Google Chrome mencapai 81% menurut statcounter.com.

B. Mozilla Firefox

logo web browser mozilla firefox
Logo Mozilla Firefox

Mozilla Firefox merupakan web browser yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation. Umur dari web browser ini sudah jauh lebih tua dibandingkan Google Chrome. Mozilla Firefox pertama kali dirilis pada tahun 2002.

Kelebihan dari web browser ini adalah dapat memberitahu apabila email pengguna terdapat pada data breach yang diketahui. Firefox tersedia untuk berbagai perangkat dan sistem operasi.

Menurut statcounter.com, tercatat saat ini Firefox merupakan browser dengan pengguna terbanyak ke-3 di dunia dan ke-4 di Indonesia dengan jumlah pengguna sebanyak 3%.

C. Microsoft Edge

logo microsoft edge
Logo Microsoft Edge

Microsoft Edge merupakan web browser bawaan dari sistem operasi Microsoft Windows terbaru (Windows 10 ke atas). Microsoft Edge pertama kali dirilis pada tahun 2015.

Pada sistem operasi Windows versi lama, web browser bawaan yang dimiliki bernama Internet Explorer. Internet Explorer dikenal sebagai browser yang lambat dan tidak aman sehingga kurang diminati oleh banyak orang. Kehadiran Microsoft Edge sebagai browser bawaan pada Windows terbaru secara perlahan menghilangkan stigma yang dimiliki oleh Internet Explorer.

Microsoft Edge dikenal sebagai browser bawaan Windows yang lebih cepat, lebih aman dan lebih modern dibandingkan dengan Internet Explorer.

Menurut statcounter.com, Microsoft Edge saat ini menjadi browser dengan pengguna terbanyak urutan ke-3 di dunia dengan jumlah pengguna sebesar 4% dan urutan ke-4 di Indonesia dengan jumlah pengguna sebanyak 2%.

D. Safari

logo web browser safari
Logo Safari

Safari merupakan web browser buatan Apple. Web browser ini dibuat khusus untuk sistem operasi buatan Apple yaitu macOS dan iOS. Web browser Safari pertama kali diluncurkan pada bulan Januari tahun 2003. Kelebihan dari web browser ini pastinya adalah berada pada ekosistem Apple sehingga pengguna produk Apple akan merasakan kemudahan dan kecepatan dalam produktivitas.

Saat ini tercatat bahwa Safari merupakan web browser dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia urutan ke-2 di dunia sebesar 19% dan di Indonesia sebesar 6%.

E. Opera

logo web browser opera
Logo Opera

Opera merupakan web browser buatan Opera Software. Umur dari web browser ini lebih tua dibandingkan dengan Mozilla Firefox. Opera pertama kali diluncurkan pada tahun 1995. Web browser ini memiliki banyak fitur yang diadopsi oleh web browser lainnya seperti speed dial, private mode, membuka ulang halaman-halaman yang terakhir ditutup, pop-up blocking, dll.

Saat ini Opera menjadi web browser dengan pengguna terbanyak ke-6 di dunia sebesar 2% dan ke-5 di Indonesia sebesar 2%.

Nah, itulah 5 macam web browser terbaik untuk saat ini. Apa web browser yang kalian gunakan sekarang? Apakah terdapat pada 5 macam web browser di atas?

You may also like

Leave a Comment