Home Website 7 Toko Online Terbaik di Indonesia Tahun 2022

7 Toko Online Terbaik di Indonesia Tahun 2022

by TendaTekno

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas toko online terbaik di Indonesia. Toko online merupakan salah satu jenis website yang berfungsi untuk melakukan jual beli barang secara online. Pengguna dan aktivitas jual beli di toko online meningkat drastis semenjak pandemi covid-19 melanda. Keberadaan toko online sangat membantu untuk meminimalkan kontak fisik dengan orang lain.

Dari daftar toko online terbaik yang akan dibahas ini, diharapkan Anda menjadi tahu toko online apa saja di Indonesia yang paling layak untuk digunakan. Anda tinggal memilih toko online mana yang paling sesuai dengan preferensi Anda.

1. Tokopedia

toko online terbaik indonesia - tokopedia
Logo Tokopedia

Toko online terbaik di Indonesia yang pertama adalah Tokopedia. Toko online dengan warna ciri khas hijau ini merupakan toko online yang didirikan oleh orang Indonesia. Terdapat banyak sekali sekali fitur dan fasilitas yang diberikan oleh Tokopedia.

Selain bisa berbelanja di berbagai pilihan toko yang ada, di sini pengguna juga bisa melakukan berbagai macam pembayaran seperti PLN, pulsa pasca bayar, BPJS, tiket pesawat, voucher game dan masih banyak lagi. Bukan hanya itu, pengguna juga dapat membayar zakat, berdonasi, dan berinvestasi pada produk reksa dana.

Tokopedia didirikan pada tahun 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Pada bulan Mei 2021, Tokopedia melakukan merger dengan Gojek. Dari merger tersebut terbentuklah Grup GoTo yang merupakan gabungan nama dari Gojek dan Tokopedia. Dengan merger yang dilakukan ini, dompet digital OVO yang tadinya digunakan oleh Tokopedia berganti menjadi GoPay.

2. Shopee

toko online terbaik indonesia - shopee
Logo Shopee

Toko online terbaik di Indonesia urutan ke-2 adalah Shopee. Shopee yang identik dengan warna oranye ini bukanlah toko online yang didirikan oleh orang Indonesia melainkan orang Singapura yang bernama Chris Feng dan Forrest Li. Chris Feng diketahui merupakan mantan karyawan dari Rocket Internet.

Shopee pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 di Singapura. Kantor cabang dari toko online terdapat di banyak negara mulai dari Singapura, Indonesia, Malaysia, Taiwan, Thailand, Filipina, dan Brasil.

Shopee saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan promosi besar-besaran menggunakan bintang-bintang papan atas dunia seperti Blackpink, Cristiano Ronaldo, dan Jackie Chan. Selain itu, Shopee juga memberikan banyak sekali promo yang membuat banyak orang tertarik untuk menggunakan toko online ini.

3. Lazada

logo lazada
Logo Lazada

Yang ke-3 adalah Lazada. Toko online ini didirikan oleh Maximilian Bittner pada tahun 2012. Kantor pusat Lazada berada di Singapura dan kantor cabangnya terdapat di berbagai macam negara dari Asia Tenggara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Pada tahun 2014, Lazada berhasil mengumpulkan dana sebesar sebesar USD 647 juta dari beberapa investor yakni Rocket Internet, Summit Partners, JPMorgan Chase, Tesco, Invesment AB Kinnevik, dan Temasek Holdings. Pada awalnya Lazada hanya menyediakan lapak bagi pemilik produk, namun di tahun 2013 Lazada menambahkan konsep marketplace yang mana mengizinkan retailer pihak ketiga untuk membuka lapak.

4. Bukalapak

logo bukalapak
Logo Bukalapak

Yang ke-4 adalah Bukalapak. Selain Tokopedia, toko online yang didirikan oleh orang Indonesia adalah Bukalapak. Toko online yang satu ini identik dengan warna merah. Bukalapak didirikan oleh Achmad Zaky, Muhamad Fajrin Rasyid, dan Nugroho Herucahyono semasa mereka berkuliah pada tahun 2010.

Pada bulan Agustus 2021, Bukalapak melakukan IPO (Initial Public Offering) atau menawarkan saham kepada publik sebesar Rp850/saham dengan kode saham BUKA.

Sama seperti Tokopedia, di Bukalapak pengguna tidak hanya sekedar bisa berbelanja saja namun juga bisa melakukan banyak transaksi seperti bayar PLN, membeli token listrik, voucher game, tiket pesawat, kereta, bus, dan berinvestasi di reksa dana.

5. Zalora

logo zalora
Logo Zalora

Yang ke-5 adalah Zalora. Zalora merupakan toko online berjenis retail. Penjual atau seller di Zalora hanya pihak Zalora itu sendiri. Zalora menyediakan berbagai brand fashion dan kecantikan internasional maupun lokal. Semua produk yang dijual di sini dijamin 100% original karena adanya peraturan nol toleransi untuk produk palsu yang akan masuk.

Zalora merupakan anak perusahaan dari Zalando. Kantor pusat dari toko online ini terletak di Singapura dan sudah memiliki kantor cabang yang beroperasi di negara Singapura, Indonesia, Malaysia, Hong Kong, Brunei, Taiwan, dan Filipina.

6. Blibli

Logo Blibli
Logo Bliblie

Yang ke-6 adalah Blibli. Toko online yang identik dengan warna biru ini merupakan toko online asal Indonesia. Nama Blibli sendiri diambil dari kata beli-beli. Toko online ini didirikan pada tahun 2010 dan merupakan toko online yang dimiliki oleh PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan dari Djarum.

Pada tahun 2017, Blibli melakukan ekspansi pada bidang traveling dengan mengakuisisi tiket.com. Blibli menyediakan banyak kategori barang yang bisa dibelanjakan mulai dari fashion, peralatan rumah tangga, hingga berbagai macam gadget. Selain itu, di sini pengguna juga dapat melakukan berbagai macam pembayaran seperti TV kabel, internet, PLN, PBB, dan masih banyak lagi.

7. JD.ID

logo JD.ID
Logo JD.ID

Daftar terakhir dari toko online terbaik di Indonesia adalah JD.ID. Toko online yang satu ini adalah cabang dari JD.com yang merupakan toko online elektronik asal Beijing, Tiongkok. JD.com di Tiongkok merupakan salah satu toko online B2C terbesar dan menjadi pesaing utama Tmall milik Alibaba.

JD.com pada awalnya merupakan toko fisik yang berdiri pada tahun 1998. Toko fisik ini menjual berbagai macam barang elektronik. Toko fisik ini kemudian meluncurkan toko online pada bulan Januari 2004. Awalnya alamat domain dari JD.com adalah jdlaser.com, lalu berubah menjadi 360buy.com di tahun 2007, dan yang terakhir berubah lagi menjadi JD.com pada tahun 2013.

Sedangkan untuk JD.ID pertama kali beroperasi di Indonesia pada bulan Oktober 2015. Pada awalnya JD.ID hanya menawarkan produk-produk elektronik. Seiring berjalannya waktu, JD.ID memperluas produk yang ditawarkan ke banyak kategori baru.

You may also like

Leave a Comment