Home Website 7 Macam Search Engine Terbaik dan Paling Populer di Dunia

7 Macam Search Engine Terbaik dan Paling Populer di Dunia

by TendaTekno

Search engine merupakan jenis website yang digunakan untuk mencari informasi spesifik dengan cepat dari jutaan website yang ada di seluruh dunia. Search engine atau mesin pencari yang terbaik dan paling terkenal untuk saat ini adalah Google. Tapi tidak hanya Google, ternyata masih ada search engine yang digunakan oleh banyak orang dari seluruh penjuru dunia. Apa saja itu? Ini dia 7 macam search engine terbaik dan paling populer di dunia.

1. Google

macam-macam search engine - google
Logo Google

Search engine terbaik dan paling populer pertama yang kita semua pastinya sudah tahu yaitu Google. Search engine ini memiliki pangsa pasar dunia sebesar 91% pada bulan November 2021 menurut Statcounter, sedangkan 9% sisanya merupakan gabungan dari search engine selain Google. Sangat mendominasi bukan?

Google merupakan perusahaan multinasional dari Amerika yang didirikan pada tahun 1998 oleh Larry Page dan Sergey Brin. Mereka mendirikan Google saat masih menjadi mahasiswa di Universitas Stanford. Misi dari perusahaan ini adalah untuk menata informasi yang ada di dunia dan membuatnya dapat diakses dan berguna secara universal.

Hasil pencarian Google saat ini bisa dibilang sudah sangat akurat karena Google selalu memperbarui algoritmanya. Dengan algoritma Google yang selalu diperbarui, informasi yang ditampilkan menjadi semakin akurat.

Perusahaan Google tidak menawarkan layanan search engine semata namun juga memiliki banyak sekali produk seperti Gmail, Google Docs, Google Drive, Google Calendar, Google Maps, YouTube, Blogger, Google Translate, dan masih banyak lagi.

2. Bing

logo microsoft bing
Logo Bing

Bing merupakan search engine yang dikembangkan oleh Microsoft dan menjadi search engine paling populer ke-2 setelah Google. Nama search engine milik Microsoft sebelumnya adalah Live Search, MSN Search, lalu akhirnya berganti menjadi Bing. Search engine ini pertama kali diperkenalkan pada bulan Mei 2009 pada konferensi All Things Digital di San Diego, California dan diluncurkan pada bulan Juni 2009.

Yang menarik dari search engine ini adalah terdapat sajian gambar latar belakang yang menarik. Kita dapat menjelajah dan mengganti berbagai latar belakang yang indah ini dengan melakukan klik pada tombol panah kanan dan kiri yang tersedia.

Menurut statcounter.com, saat ini Bing pangsa pasar sebesar 3% di gunia. Mungkin Anda kaget dengan persentase pangsa pasar yang hanya 3% padahal search engine ini berada di peringkat ke-2. Hal tersebut dikarenakan Google sebagai search engine dengan pengguna terbanyak saat ini telah mengambil pangsa pasar sebesar 91% sehingga search engine lainnya hanya mendapatkan sisanya saja.

3. Baidu

logo search engine baidu
Logo Baidu

Baidu merupakan search engine milik perusahaan Baidu, Inc. yang didirikan pada bulan Januari tahun 2000 dan berpusat di Kampus Baidu, Beijing, RRC. Saat mengakses baidu.com, kita dapat perhatikan sendiri bahwa website ini hanya dibuat khusus untuk orang China karena tidak ada opsi untuk mengganti ke bahasa lain.

Sama seperti search engine lainnya, Baidu menawarkan pencarian situs web, gambar, dan audio namun dalam Bahasa China. Selain search engine, Baidu juga memiliki Baidu Baike yang merupakan layanan mirip Wikipedia namun dalam Bahasa China.

Menurut Statcounter, Baidu saat ini menduduki search engine dengan pengguna terbanyak di dunia urutan ke-3 sebesar 1,7% pada bulan November 2021.

4. Yahoo! Search

logo yahoo
Logo Yahoo

Yahoo! Search merupakan search engine yang dimiliki Yahoo. Yahoo merupakan penyedia layanan website yang berkantor pusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Tidak hanya search engine, Yahoo! dikenal memiliki banyak layanan seperti email, berita, keuangan, dan masih banyak lagi.

Yahoo didirikan pada bulan Januari tahun 1994 oleh Jerry Yang dan David Filo. Perusahaan ini pada awalnya tidak menyediakan layanan search engine melainkan layanan bookmark. Nama awal dari perusahaan ini adalah “Jerry and David’s Guide to World Wide Web” yang kemudian berganti nama menjadi Yahoo. Nama Yahoo merupakan singkatan dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”.

Pada bulan November 2021, Yahoo Search memiliki pangsa pasar dunia dengan persentase sebesar 1,5% dan menduduki peringkat ke-4 sebagai search engine dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia menurut Statcounter.

5. Yandex

logo yandex
Logo Yandex

Yandex merupakan search engine asal Rusia yang dikembangkan oleh Arkady Volozh, Arkady Borkovsky, dan Ilya Segalovich dan diluncurkan pada tahun 1997. Nama Yandex merupakan singkatan dari “Yet Another iNDEXer”.

Tidak hanya search engine, Yandex juga memiliki layanan lain yaitu images search, video, mail, maps, translate, dan browser.

Tercatat pada bulan November 2021, Yandex berada di urutan ke-5 sebagai search engine paling banyak digunakan di dunia dengan persentase pengguna sebanyak 0.9% menurut Statcounter.

6. DuckDuckGo

logo search engine duckduckgo
Logo DuckDuckGo

DuckDuckGo merupakan search engine yang didirikan oleh Gabriel Weinberg dan diluncurkan pada tahun 2008. Nama DuckDuckGo berasal dari permainan duck, duck, goose yang berarti bebek, bebek, angsa. Keunggulan DuckDuckGo dibandingkan dengan search engine lainnya adalah soal privasi yang mana search engine ini tidak menyimpan alamat IP dan log informasi pengguna.

Pada bulan November 2021, DuckDuckGo menempati peringkat ke-6 sebagai search engine paling banyak digunakan di dunia dengan persentase pengguna sebanyak 0,6% menurut statcounter.com.

7. Ask.com

logo ask.com
Logo Ask.com

Ask.com merupakan search engine yang bermarkas di Californio, Amerika Serikat. Search engine ini didirikan pada tahun 1996 oleh Garrett Gruener dan David Warthen. Ask.com pada awalnya bernama Ask Jeeves dan merupakan website tanya jawab. Pada tahun 2006, kata Jeeves pada AskJeeves.com dihilangkan sehingga menjadi Ask.com.

You may also like

Leave a Comment