Home Website 5 Platform Blog Terbaik Tahun 2022 [+Langkah Pembuatan]

5 Platform Blog Terbaik Tahun 2022 [+Langkah Pembuatan]

by TendaTekno

Blog merupakan jenis website yang berisi log informasi. Itu artinya website jenis ini akan menyajikan informasi secara berkala. Dengan membuat blog, kita bisa berbagi berbagai macam informasi kepada seluruh orang di seluruh dunia. Selain itu, kita juga bisa mendulang uang melalui blog yang kita miliki.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas 5 platform blog terbaik tahun 2022 disertai dengan langkah pembuatan secara ringkas. Ini dia daftarnya

1. WordPress.org

Logo WordPress - platform blog terbaik
Logo WordPress

Platform blog terbaik urutan pertama adalah wordpress.org. Tidak dapat diragukan lagi bahwa WordPress saat ini merupakan layanan blog terbaik karena ada lebih dari 40% website di seluruh dunia yang menggunakannya. WordPress.org merupakan CMS (Content Management System) yang digunakan untuk membuat blog.

Kelebihan menggunakan CMS ini adalah komunitas dari WordPress.org sangat luas sehingga banyak sekali tutorial, theme, plugin, dan lainnya yang bisa ditemukan di internet karena banyaknya pangsa pasar dari CMS ini.

Penggunaan dari CMS ini pun tidaklah sulit. Pemilik website tidak diharuskan untuk melakukan pemrograman untuk bisa menggunakan CMS ini. Pemilik website hanya perlu untuk menyiapkan domain dan hosting, maka CMS WordPress siap untuk digunakan.

Langkah termudah untuk menggunakan CMS wordpress.org

  1. Pilih paket hosting yang sudah menyediakan fitur Softaculous. Softaculous merupakan fitur yang ada di cPanel yang digunakan untuk mempermudah pemilik website dalam memasang berbagai macam CMS. Jangan lupa juga untuk membeli domain website.
  2. Apabila sudah memiliki domain dan hosting dengan fitur Softculous di dalamnya, maka gunakan fitur tersebut dan pilih CMS WordPress untuk dipasang di website Anda.
  3. Lakukan konfigurasi dengan mengisi semua data yang diperlukan pada form yang tersedia lalu tunggu hingga proses instalasi selesai.
  4. Lakukan konfigurasi lebih lanjut pada website dengan menambahkan subdirectory /wp-admin setelah URL website Anda. Contoh NamaDomainAnda.com/wp-admin
  5. Selamat, Anda telah berhasil memasang CMS WordPress pada website Anda.

2. Blogger.com

Logo Blogger - layanan blog terbaik
Logo Blogger

Platform blog terbaik ke dua adalah Blogger. Blogger merupakan layanan blog yang dimiliki oleh Google. Layanan ini berdiri sejak bulan Agustus 1999 dan dibeli oleh Google pada tahun 2003.

Secara default, pengguna yang menggunakan layanan di Blogger akan mendapatkan alamat website dengan subdomain dari blogspot.com. Setelah pengguna membuat blog dengan subdomain dari blogspot.com, mereka dapat mengubah domain tersebut menjadi .com atau TLD lainnya dengan menggunakan fasilitas DNS yang telah disediakan oleh Blogger.

Untuk bisa membuat blog dari blogger.com, Anda hanya memerlukan akun Google. Proses membuat blog di blogger.com jauh lebih mudah ketimbang menggunakan wordpress.org. Dengan satu akun Google, diketahui bahwa Anda dapat membuat hingga 100 blog. Kekurangan dari layanan ini adalah kustomisasi pada website tidak sebebas menggunakan CMS wordpress.org.

Langkah membuat blog melalui blogger.com

  1. Kunjungi blogger.com
  2. Klik “CREATE YOUR BLOG”
  3. Pilih akun Google yang akan Anda gunakan untuk membuat blog
  4. Isi semua form seperti Judul blog, alamat blog, dan lainnya
  5. Blog Anda sudah dapat diakses dan siap untuk digunakan

3. WordPress.com

Mungkin bagi kalian yang belum pernah terjun ke dunia blog sedikit bingung dengan perbedaan antara wordpress.com dan wordpress.org. WordPress.com merupakan layanan blog hosting milik WordPress sehingga apabila Anda menggunakan layanan ini, Anda tidak perlu melakukan repot-repot melakukan instalasi CMS seperti jika Anda menggunakan wordpress.org.

Layanan dari wordpress.com mirip halnya seperti blogger.com, kita hanya perlu untuk mendaftarkan diri, memilih nama domain, dan sebagainya, maka setelah pendaftaran selesai blog sudah langsung siap diakses.

Kelebihan wordpress.com dibandingkan wordpress.org adalah keamanan website yang lebih terjamin karena CMS yang dikelola langsung oleh pihak WordPress. Sedangkan kekurangan wordpress.com dibandingkan dengan wordpress.org adalah kustomisasi yang tidak sebebas apabila menggunakan wordpress.org.

Langkah membuat blog di wordpress.com

  1. Kunjungi wordpress.com
  2. Klik “Start your website”
  3. Masukkan email, username, dan password pada kolom yang tersedia yang ada di sebelah kiri, atau Anda bisa melanjutkan menggunakan akun Google atau Apple yang ada di sebelah kanan
  4. Lanjutkan dengan memilih domain. Jika Anda ingin yang gratis, Anda bisa memilih subdomain wordpress.com.
  5. Pilih layanan premium sesuai dengan budget Anda. Namun jika Anda masih ingin menggunakan layanan gratis, Anda bisa bisa klik pada tulisan “start with a free site”
  6. Selamat, blog wordpress.com Anda jadi. Sekarang Anda bisa menambahkan artikel baru atau mendesain blog baru Anda.

4. Weebly.com

Jika Anda merasa bahwa WordPress dan Blogger sudah terlalu mainstream, maka layanan yang satu ini bisa Anda coba. Weebly didirikan oleh David Rusenko, Dan Veltri, dan Chris Fanini pada tahun 2006. Awal mula mereka membangun layanan ini adalah pada saat itu Universitas Pann State di mana David Rusenko dan Chris Fanini berkuliah mensyaratkan semua mahasiswanya untuk memiliki portofolio di Internet. Dari situlah kemudian mereka membuat sebuah layanan yang dapat memudahkan semua orang untuk membuat website pribadi.

Di Weebly, Anda dapat dengan mudah mendesain website yang Anda miliki dengan antarmuka WYSIWYG (What You See is What You Get) yang dimilikinya. Tersedia pilihan layanan gratis dan berbayar di Weebly.

5. Tumblr.com

Yang terakhir adalah tumblr.com. Layanan ini didirikan pada tahun 2007 oleh David Karp. Yang unik dari tumblr adalah layanan merupakan gabungan dari sosial media dan blog. Dengan begitu, antar pemilik blog dapat bertemu dan berinteraksi satu sama lain melalui layanan yang satu ini. Bagi Anda yang ingin membuat sebuah blog sekaligus bermedia sosial, maka menggunakan tumblr merupakan pilihan yang tepat.

Cara membuat blog melalui tumblr

  1. Kunjungi tumblr.com
  2. Klik “Sign Up”
  3. Isi form yang ada. Lalu klik “Sign Up”
  4. Anda juga bisa menggunakan akun Google atau Apple untuk mendaftar di tumblr
  5. Blog Anda sudah siap

Setiap status yang Anda terbitkan di tumblr akan otomatis menjadi sebuah post di blog Anda.

You may also like

1 comment

Budi July 16, 2022 - 6:48 AM

Ini blognya sungguh membantu buat hobi nulis dan cari penghasilan dari menulis blog

Reply

Leave a Comment