Home Jaringan Perbedaan Managed vs Unmanaged VPS. Mana yang Terbaik?

Perbedaan Managed vs Unmanaged VPS. Mana yang Terbaik?

by TendaTekno

Apa itu VPS? Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu VPS bisa mengunjungi artikel Apa Itu VPS? Pengertian, Fungsi dan Macam-macam VPS. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai perbedaan antara managed dan unmanaged VPS sehingga nantinya diharapkan bagi Anda yang berencana berlangganan layanan VPS dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan. Mari kita bahas perbedaan antara managed dan unmanaged VPS.

managed vps vs unmanaged vps

Managed VPS

Managed VPS dalam Bahasa Indonesia berarti VPS terkelola. Itu berarti layanan VPS yang kita beli akan dikelola oleh penyedia layanan. Jenis layanan ini sangat cocok untuk Anda yang masih sangat minim pengetahuan teknis mengenai VPS. Jadi tugas-tugas penting dalam pengelolaan website seperti keamanan, software update, backup, dan lain-lain akan dibantu oleh penyedia layanan hosting.

– Kelebihan Managed VPS

  • Tidak perlu khawatir pada tugas-tugas perawatan server
  • Mendapatkan dukungan teknis 24×7
  • Masalah backup dan CDN biasanya sudah dikonfigurasi oleh pihak penyedia layanan

– Kekurangan Managed VPS

  • Biaya lebih tinggi dibandingkan unmanaged VPS
  • Kurangnya fleksibilitas terkait versi plugin dan software yang dipasang pada server
  • Opsi konfigurasi akun lebih terbatas

Unmanaged VPS

Jika managed VPS merupakan layanan VPS yang dikelola oleh penyedia layanan, maka unmanaged VPS adalah kebalikannya. Pada unmanaged VPS, pengelolaan ruang server yang didapatkan oleh pengguna akan mereka kelola secara mandiri. Jadi peran penyedia layanan hanya mengelola dan menjaga server secara keseluruhan, sedangkan pengelolaan ruang VPS diberikan secara penuh kepada pengguna.

– Kelebihan Unmanaged VPS

  • Harga lebih terjangkau
  • Lebih fleksibel pada versi plugin dan software yang diinstal pada VPS
  • Konfigurasi akun lebih leluasa

– Kekurangan Unmanaged VPS

  • Memerlukan pengetahuan yang mencukupi untuk bisa melakukan konfigurasi pada VPS
  • Dukungan dari penyedia layanan lebih minim

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah apabila Anda kurang memiliki pengetahuan untuk bisa melakukan konfigurasi pada VPS namun memiliki anggaran yang mencukupi maka Anda bisa mengambil paket managed VPS. Sebaliknya, apabila anggaran Anda minim namun memiliki pengetahuan yang cukup untuk bisa melakukan konfigurasi pada VPS, maka Anda bisa mengambil paket unmanaged VPS.

Lalu bagaimana apabila anggaran dan pengetahuan minim semua?

Mau tidak mau, saya sarankan Anda untuk mengambil paket shared hosting atau cloud hosting yang mana harganya terjangkau dan tidak memerlukan pengetahuan yang rumit untuk bisa mengoperasikannya. Nanti sembari berjalannya waktu, Anda bisa sambil mempelajari administrasi sistem, cara mengatur CDN, dan lainnya.

You may also like

Leave a Comment