Penampilan 14 Macam Windows dari Generasi ke Generasi

Windows atau Microsoft Windows merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Microsoft. Target pasar sistem operasi ini lebih dikhususkan untuk penggunaan pribadi. Sistem operasi ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1985. Inilah penampilan macam-macam Windows dari generasi ke generasi.

A. Windows 1.0

macam windows pertama
Windows 1.0 (foto: wikipedia.org)

Sistem operasi Windows seri pertama bernama Windows 1.0. Sistem operasi seri pertama Windows ini dirilis pada tahun 1985. Pada awalnya sistem operasi ini akan diberi nama Inferface Manager, namun para petinggi Microsoft diyakinkan oleh Rowlan Hanson yang menjadi kepala bagian pemasaran di Microsoft bahwa nama “Windows” akan lebih memikat konsumen. Windows 1.0 ini dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan MS-DOS dengan tambahan antarmuka grafis.

B. Windows 2.0

Windows 2.0
Windows 2.0 (foto: wikipedia.org)

Seri ke-2 dari sistem operasi Windows bernama Windows 2.0. Seri ini lebih populer dibandingkan dengan Windows 1.0. Yang menjadikannya populer adalah Windows 2.0 identik dengan aplikasi Microsoft Excel dan Microsoft Word. Kemudian Windows 2.0 mendapatkan peningkatan yang signifikan dengan munculnya Aldus PageMaker untuk Windows yang mana aplikasi ini sebelumnya hanya kompatibel pada platform Macintosh.

C. Windows 3.0

generasi windows ke tiga
Windows 3.0 (foto: getmyos.com)

Sistem operasi Windows selanjutnya diberi nama Windows 3.0 yang diluncurkan pada tahun 1990. Windows 3.0 menawarkan tampilan GUI (Graphical User Interface) baru yang mana setiap aplikasi direpresentasikan dengan bentuk ikon yang dapat diklik, berbeda dengan seri sebelumnya yang masih direpresentasikan dengan nama file-nya saja. Pada Windows 3.0, pengguna sudah mulai bisa melakukan multitasking dengan menjalankan beberapa aplikasi MS-DOS sekaligus karena telah diperkenalkannya memori virtual pada saat seri ini.

Windows 3.0 merupakan sebuah seri sistem operasi Windows yang sangat sukses pada saat itu dan menjadi sumber pemasukan utama Microsoft. Tercatat Windows 3.0 terjual hingga 10 juta copy.

D. Windows 95

seri Windows 95
Windows 95 (foto: wikipedia.org)

Seri selanjutnya yang diluncurkan adalah Windows 95. Sesuai dengan namanya, seri Windows yang satu ini diluncurkan pada tahun 1995 tepatnya pada tanggah 24 Agustus 1995. Pada seri ini, Microsoft menggabungkan produk MS-DOS dan Microsoft Windows yang sebelumnya terpisah.

Windows 95 menawarkan peningkatan yang signifikan dibandingkan seri sebelumnya. Peningkatan paling besar terjadi pada GUI (Graphical User Interface) dan dukungan fitur plug-and-play yang lebih sederhana. Pada tampilan Windows 95 terlihat jelas perubahan seperti adanya menu “Start” dan diperkenalkannya Windows Explorer.

E. Windows NT 4.0

Macam-macam windows - Windows 4.0
Windows NT (foto: cs.umd.edu)

Windows NT 4 diluncurkan pada tahun 1996. Windows NT 4 merupakan seri lanjutan dari Windows 1.0, Windows 2.0, dan Windows 3.0. Seri Windows ini menggunakan arsitektur murni 32-bit, berbeda dengan Windows 95 yang menggunakan arsitektur hybrid 16-bit/32-bit. Dengan begitu Windows NT 4.0 mendukung memori fisik hingga 4GB.

F. Windows 98

Windows 98
Windows 98 (foto: isoriver.com)

Windows 98 merupakan lanjutan dan pengembangan dari Windows 95. Sesuai dengan namanya, Windows 98 diluncurkan pada tahun 1998 tepatnya pada tanggal 25 Juni 1998. Pada seri ini, Microsoft memperkenalkan fitur “Deskbar”. Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa mendapatkan informasi terbaru dari situs web favoritnya tanpa perlu mengunjungi situs tersebut melalui browser. Akan tetapi fitur ini tidak disukai oleh para pengembang website karena dianggap merugikan mereka. Dikarenakan fitur ini tidak berjalan, Microsoft menghapusnya pada Windows 98 versi RTM.

G. Windows 2000

Windows 2000
Windows 2000 (foto: betawiki.net)

Windows 2000, sesuai dengan namanya, diluncurkan pada tahun 2000. Windows 2000 memiliki nama lain Windows 5.0 yang merupakan lanjutan dan pengembangan dari Windows NT 4.0. Windows 2000 menawarkan beberapa fitur baru yaitu Image Preview, Internet Explorer 5.0, Active Directory baru, dan masih banyak lagi.

H. Windows Me

Macam-macam windows - Windows Me
Windows Me (foto: microsoft.fandom.com)

Windows Me diluncurkan oleh Microsoft untuk menggantikan Windows 98 dan didesain khusus untuk pengguna rumahan. Pada Windows Me terdapat banyak fitur baru di antaranya adalah Windows Meida Player 7, Windows Movie Maker, Internet Explorer 5.5, On-Screen Keyboard, System File Protection, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Microsoft juga menghapus beberapa fitur dari seri sebelumnya seperti mode real DOS, Automated Installation, Active Directory, Microsoft Fax, dan masih banyak lagi. Kabarnya Windows Me merupakan seri Windows terburuk bahkan sampai ada sebutan “Mistake Edition” untuk kepanjangan dari Me.

I. Windows XP

Windows XP
Windows XP (foto: softpedia.com)

Windows XP merupakan sistem operasi yang diciptakan oleh Microsoft sebagai penerus dari Windows 2000 dan Windows Me. Windows XP dikembangkan menggunakan kernel Windows NT dan diluncurkan pada tanggal 25 Oktober 2001. Diperkirakan pada tahun 2006, Windows XP sudah digunakan lebih dari 400 juta copy.

J. Windows Vista

Windows Vista
Windows Vista (foto: toastytech.com)

Seri Windows selanjutnya setelah Windows XP adalah Windows Vista. Seri Windows yang satu ini dirilis pada tanggal 8 November 2006 untuk pengguna bisnis dan 30 Januari 2007 untuk pengguna rumahan. Pada Windows Vista, terdapat ratusan fitur baru, fitur yang diubah, dan fitur yang di-upgrade kemampuannya.

K. Windows 7

Windows 7
Windows 7 (foto: toastytech.com)

Tiga tahun setelah diluncurkannya Windows Vista, Microsoft mengeluarkan Windows seri baru yang bernama Windows 7. Windows 7 diluncurkan untuk publik tepatnya pada tanggal 22 Oktober 2009. Kemunculan Windows 7 lebih berfokus pada pengembangan dasar dan bukan pada fitur baru. Windows 7 memiliki banyak edisi yaitu

  • Windows 7 Starter
  • Windows 7 Home Basic
  • Windows 7 Home Premium
  • Windows 7 Enterprise
  • Windows 7 Professional
  • Windows 7 Ultimate

Microsoft menghentikan segala dukungan teknis kepada Windows 7 pada Januari 2020 sehingga pengguna harus beralih ke Windows yang lebih baru apabila ingin mendapatkan dukungan teknis dari Microsoft.

L. Windows 8

tampilan Windows 8
Windows 8 (wikipedia.org)

Setelah bertahun-tahun Windows memiliki ciri khas tombol “Start” di pojok kiri bawah, Microsoft menghilangkan tombol tersebut pada Windows 8. Antarmuka dari Windows 8 diubah oleh Microsoft karena dirancang untuk digunakan pada layar sentuh. Pada Windows 8 diusung fitur yang bernama “Windows To GO” yang menjadikan sistem operasi Windows dapat dijalankan melalui penyimpanan USB. Windows 8 termasuk seri Windows yang gagal karena banyak pengguna yang mengeluh soal antarmuka baru yang diusungnya. Para pengguna non-touchscreen merasa tidak nyaman hal tersebut.

M. Windows 10

tampilan Windows 10
Windows 10 (foto: pcmag.com)

Windows 10 merupakan sistem operasi dari Microsoft yang masuk dalam keluarga sistem operasi Windows NT. Windows 10 diperkenalkan pada tahun 2014 dan diluncurkan pada tahun 2015. Kehadiran dari Windows 10 ini memperbaiki antarmuka Windows 8 yang tidak disukai banyak pengguna. Windows 10 tersedia dalam berbagai edisi yaitu

  • Windows 10 Home
  • Windows 10 Pro
  • Windows 10 Enterprise
  • Windows 10 Education
  • Windows 10 Mobile
  • Windows 10 Mobile Enterprise

N. Windows 11

Tampilan windows 11
Windows 11 (foto: gsmarena.com)

Yang terakhir adalah Windows 11 yang merupakan sistem operasi Windows terbaru yang hadir pada tahun 2021. Windows 11 termasuk dalam keluarga sistem operasi Windows NT. Pada seri ini, Microsoft menyuguhkan antarmuka baru yang berpedoman pada Fluent Design miliki Microsoft.


Comments

One response to “Penampilan 14 Macam Windows dari Generasi ke Generasi”

  1. Informasi ini bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *