Home Komputer dan Laptop 5 Macam Sistem Operasi Paling Populer di Dunia

5 Macam Sistem Operasi Paling Populer di Dunia

by TendaTekno

Apa itu sistem operasi? Sistem operasi merupakan software pada sistem komputer yang mengatur kerja hardware (perangkat keras), sumber daya software, dan menyediakan layanan umum pada program komputer. Untuk fungsi pada hardware seperti input output dan memory allocation, sistem operasi berperan sebagai penengah antara program komputer dan hardware.

Sistem operasi dalam komponen komputer termasuk perangkat lunak yang sangat penting karena tanpa keberadaannya para pengguna akan kesulitan untuk mengoperasikan komputer yang mereka miliki. Tidak hanya pada komputer, ponsel pintar pada zaman ini juga sudah menggunakan sistem operasi dikarenakan fungsinya yang sudah kompleks tidak hanya sekedar untuk telepon dan SMS saja.

Sistem operasi tidak hanya satu macam saja. Ada terdapat banyak macam sistem operasi yang tersedia sekarang ini. Nah pada artikel ini kita akan bahas macam-macam sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini. Apa saja itu? Ini dia daftarnya

1. Windows

Logo Windows
Logo Windows

Para pengguna komputer dan laptop pasti sudah tidak asing dengan sistem operasi yang satu ini. Windows merupakan sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface) yang dikembangkan oleh Microsoft. Windows pada awalnya adalah MS-DOS yang merupakan sistem operasi berbasis CLI (Command Line Interface). Sistem operasi Windows pertama kali diperkenalkan pada tahun 1983 dan baru dipasarkan pada tahun 1985.

Kelebihan dari sistem operasi Windows adalah sistem dan tampilan yang user friendly (mudah digunakan). Pengguna dapat dengan mudah mempelajari bagaimana cara mengoperasikan sistem operasi ini dalam waktu yang singkat. Selain itu, karena Windows merupakan sistem operasi dengan pengguna terbanyak, banyak sekali pilihan aplikasi bagi penggunanya. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir untuk bisa mendapatkan aplikasi yang dibutuhkannya.

Kekurangan dari sistem operasi Windows adalah harganya yang mahal. Karena itulah banyak sekali sistem operasi Windows bajakan yang digunakan. Selain itu, bisa dikatakan bahwa Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak virusnya. Hal tersebut dikarenakan dari sistem Windows-nya yang kurang aman ditambah lagi dengan banyaknya software-software bajakan yang beredar.

2. macOS

Logo macOS
Logo macOS

Sistem operasi yang satu ini merupakan rival berat dari Windows. macOS dikembangkan dan dipasarkan oleh Apple Inc dan menjadi sistem operasi utama pada komputer-komputer buatan Apple. Sistem operasi ini pertama kali dirilis pada tahun 2001.

Sejarah macOS berawal NeXT. NeXT merupakan perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs setelah ia keluar dari Apple pada tahun 1985. Sistem operasinya bernama NeXTSTEP yang dirilis pada tahun 1985. NeXTSTEP kemudian dibeli oleh Apple pada tahun 1996. Selanjutnya Steve Jobs kembali ke Apple untuk memimpin pengembangan sistem operasi tersebut dengan nama baru yaitu “Rhapsody” yang kemudian dirilis dengan nama Mac OS X.

Kelebihan dari sistem operasi ini adalah keamanan yang terjamin dan lebih jarang terkena virus dibandingkan dengan sistem operasi Windows. Selain itu, macOS bersifat user friendly, yang artinya sistem operasi ini mudah untuk dioperasikan, sama seperti Windows.

Kekurangan dari sistem operasi ini adalah harganya yang mahal karena pengguna harus membeli perangkat milik Apple Inc terlebih dahulu untuk bisa menggunakan sistem operasi ini. Sistem operasi ini juga kurang cocok apabila ditujukan untuk bermain game karena macOS lebih ditujukan untuk produktivitas.

3. Android

Logo Android
Logo Android

Para pengguna smartphone pasti sudah tidak asing dengan sistem operasi yang satu ini. Android merupakan sistem operasi untuk smartphone dan tablet yang paling banyak digunakan untuk saat ini. Sistem operasi ini berbasis Linux dan resmi dirilis pada tahun 2007.

Smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi Android adalah HTC Dream yang mulai dipasarkan pada bulan Oktober 2008. Yang unik dari sistem operasi ini adalah penggunaan kode nama makanan penutup pada setiap versinya. Contoh penamaan dari macam-macam versi Android adalah Android Cupcake, Android Donut, Android Gingerbread, Android Ice Cream Sandwich, Android Marshmallow, dan masih banyak lagi.

Kelebihan dari sistem operasi Android adalah sifatnya yang open source sehingga pengguna dapat memodifikasi sistem operasi ini. Selain itu dikarenakan Android memiliki jumlah pengguna terbanyak menjadikannya memiliki banyak sekali pilihan aplikasi yang dapat dinikmati oleh para pengguna.

Kekurangan sistem operasi ini adalah membutuhkan sumber daya memori yang cukup besar baik itu pada ROM dan RAM.

4. iOS

Logo iOS
Logo iOS

Pada segmen desktop, distribusi sistem operasi terbesar adalah Windows dan macOS, sedangkan pada segmen mobile, distribusi sistem operasi terbesar adalah Android dan iOS. iOS merupakan sistem operasi mobile dengan pengguna terbanyak ke dua setelah Android. Sistem operasi ini dikembangkan dan dipasarkan oleh Apple Inc. iOS merupakan sistem operasi khusus untuk perangkat mobile milik Apple.

Sistem operasi ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2007 pada produk iPhone, kemudian meluas ke iPod Touch dan iPad.

Kelebihan dari sistem operasi iOS adalah manajemen memori yang lebih baik apabila dibandingkan dengan sistem operasi Android. Itulah mengapa meskipun RAM pada produk-produk keluaran Apple tidak sebesar ponsel-ponsel merek lainnya yang menggunakan sistem operasi Android, namun kinerjanya bisa diadu.

Kekurangan dari sistem operasi iOS lagi-lagi terdapat pada masalah harga yang tinggi, sama seperti sistem operasi macOS yang disebabkan sistem operasi ini hanya bisa digunakan pada perangkat besutan Apple Inc.

5. Linux

Logo Linux
Logo Linux

Linux merupakan sistem operasi yang bersifat open-source yang dibangun di atas kernel Linux. Sistem operasi ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Terdapat banyak pilihan distro Linux seperti Ubuntu, Linux Mint, Fedora, Debian, Elementary OS, dan masih banyak lagi.

Kelebihan sistem operasi ini dibandingkan dengan sistem operasi pada umumnya adalah sistem operasi ini gratis, banyak sekali pilihan distro yang dapat pengguna coba, dan sangat cocok untuk developer karena sistem operasi ini memiliki banyak library yang sangat membantu dalam proses pembuatan dan pengembangan aplikasi. Selain itu, bisa dibilang bahwa sistem operasi ini sangat minim virus karena jumlah penggunanya yang tidak banyak dibandingkan dengan sistem operasi lainnya.

Kekurangan dari sistem operasi Linux adalah aplikasi yang tersedia masih terbatas. Hal tersebut disebabkan oleh pengguna Linux yang sedikit sehingga para developer masih kurang tertarik untuk mengembangkan aplikasi untuk sistem operasi Linux.

You may also like

Leave a Comment