Home Komputer dan Laptop 3 Komponen Dasar Komputer beserta Penjelasan dan Fungsinya

3 Komponen Dasar Komputer beserta Penjelasan dan Fungsinya

by TendaTekno

Komputer adalah sebuah alat elektronik pengolah data dari prosedur yang telah dirumuskan. Komputer pertama kali diciptakan menggunakan tabung vakum untuk keperluan militer. Ukuran dari komputer generasi pertama sangat besar yang mana memerlukan satu ruangan penuh untuk menyimpan satu komputer.

Kata komputer itu sendiri sebenarnya pada awalnya digunakan untuk orang yang melakukan perhitungan aritmetika baik dengan alat bantu maupun tanpa alat bantu, tapi kemudian kata komputer dijadikan sebagai nama dari nama mesin penghitung aritmatika itu sendiri. Jadi pada awalnya fungsi komputer sama seperti kalkulator yaitu hanya untuk menghitung. Lalu seiring perkembangan zaman, kemampuan komputer selalu ditingkatkan hingga kita jumpai komputer zaman sekarang yang bisa digunakan untuk melakukan banyak hal.

Dalam komputer itu sendiri terdapat 3 komponen dasar komputer yang mana keberadaan dari komponen-komponen tersebutlah yang menjadikan sebuah komputer dapat berjalan dengan baik. Komponen dasar tersebut adalah hardware, software, dan brainware. Apa arti dan maksud dari ketiga komponen tersebut? Mari kita bahas satu per satu

1. Hardware

Hardware adalah perangkat pada komputer yang dapat disentuh dan dilihat fisiknya secara nyata. Bahasa Indonesianya adalah perangkat keras. Hardware sendiri dibagi lagi menjadi empat kategori yaitu input device, output device, storage device dan processing device.

A. Input Device

Seperti namanya, input device merupakan perangkat masukan. Artinya perangkat-perangkat yang masuk dalam kategori input device memiliki fungsi memasukkan berbagai macam data dan perintah ke dalam komputer. Berbagai macam data yang sudah dimasukkan tadi akan dikonversi menjadi kode binary supaya dapat dibaca oleh memori utama. Contoh dari input device adalah

– Mouse

mouse - komponen dasar komputer
Mouse komputer (foto: pixabay.com)

Bahasa Indonesianya adalah tetikus. Diberi nama seperti itu karena mungkin memiliki bentuk seperti tikus. Fungsi dari mouse adalah memberikan input data untuk menggerakkan pointer yang ada di komputer serta memberikan perintah untuk membuka dan/atau menjalankan sebuah aplikasi menggunakan pointer yang digerakkannya. Jenis-jenis mouse di antaranya adalah mouse mekanik, mouse optik, mouse gaming, dll.

– Keyboard

Keyboard komputer - input device
Keyboard komputer (foto: pixabay.com)

Selain mouse, input device yang paling sering dijumpai dan merupakan pasangan dari mouse adalah keyboard. Perangkat ini memberikan input data berupa huruf, angka, dan simbol. Terdapat banyak jenis keyboard di dunia ini. Pengguna sangat membutuhkan keyboard apabila ingin membuat sebuah dokumen digital. Walaupun keberadaan keyboard bisa digantikan dengan keyboard virtual, namun proses pembuatan dokumen akan menjadi jauh lebih lama dibandingkan jika menggunakan keyboard asli.

– Scanner

Komponen dasar komputer - perangkat keras scanner canon
Cannon Scanner (foto: currys.co.uk)

Fungsi scanner adalah mengubah data analog menjadi data digital. Dengan keberadaan scanner, pengguna dapat mengubah dokumen nyata yang mereka miliki menjadi dokumen digital. Pengguna jadi bisa menghemat waktu karena tidak perlu menulis ulang dokumen yang mereka miliki. Salah satu jenis scanner yang sering ditemukan di rumah-rumah adalah scanner flatbed.

– Webcam

contoh komponen dasar komputer - webcam
Webcam Logitech (foto: logitech.com)

Webcam merupakan kamera video yang mengirimkan gambar atau video secara real time ke jaringan komputer seperti internet. Jadi hasil foto atau video yang direkam menggunakan webcam langsung terbentuk ke dalam format digital.

B. Output Device

Output device memiliki fungsi yang berbanding terbalik dengan input device. Apabila input device berfungsi untuk memasukkan berbagai macam data dan perintah ke dalam komputer, maka output device berfungsi untuk mengubah data yang sudah ada dalam komputer ke luar baik itu dalam bentuk teks, gambar, suara dan lainnya. Contoh dari output device adalah

– Monitor

komponen komputer - monitor
Monitor Komputer (foto: pixabay.com)

Output device yang satu ini merupakan perangkat keras yang sangat penting bagi komputer. Fungsi dari monitor adalah menampilkan data menjadi bentuk video, gambar dan teks. Tanpa adanya monitor, pengguna akan kesulitan untuk mengoperasikan komputer yang dimiliki. Dalam monitor terdiri dari sirkuit, casing, penampil display dan power supply. Ada banyak jenis monitor komputer yaitu CRT, LCD, LED, plasma, dan OLED.

– Printer

printer - contoh perangkat output
Printer (foto: id.canon)

Jika pada input device terdapat scanner, maka pada output device terdapat printer. Printer memiliki fungsi yang berbanding terbalik dengan scanner. Scanner berfungsi untuk mengubah dokumen nyata menjadi dokumen digital, sedangkan printer berfungsi untuk mencetak dokumen digital menjadi dokumen nyata. Apabila fungsi dari kedua perangkat keras ini digabungkan maka kita akan mendapatkan fungsi mesin fotokopi. Terdapat banyak jenis printer komputer yang biasa digunakan.

– Speaker

komponen komputer speaker logitech
Speaker Komputer (gambar: luxe.digital)

Speaker merupakan output device yang berfungsi untuk mengeluarkan suara yang dihasilkan dari komputer. Sinyal elektrik yang dihasilkan dari komputer diubah ke frekuensi audio melalui getaran komponen berbentuk membran. Getaran komponen berbentuk membran tersebut membuat getaran di udara sehingga terbentuklah gelombang suara.

Speaker pada komputer dibagi menjadi dua yaitu speaker internal dan eksternal. Speaker internal merupakan speaker yang sudah menyatu dengan komponen komputer sedangkan speaker eksternal berfungsi untuk menghasilkan suara yang lebih jernih dan keras apabila sudah terdapat speaker internal.

C. Storage Device

storage device merek samsung
SSD (foto: samsung.com)

Storage device merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan berbagai jenis data yang ada di komputer. Berbagai bentuk data dapat disimpan seperti gambar, video, dokumen dan masih banyak lagi.

Device storage dibagi menjadi dua macam yaitu primary storage dan secondary storage. Primary storage berfungsi untuk memproses pengolahan data yang ada pada secondary storage. Biasanya primary storage memiliki kecepatan akses yang tinggi dan hanya menyimpan data secara sementara. Storage device sendiri lebih mengacu kepada secondary storage yang memiliki kemampuan untuk menyimpan data secara permanen.

Contoh dari storage device adalah hard disk, flash disk, compact disk (CD), digital video disk (DVD), SD card, SSD dan lainnya.

D. Process Device

Seperti namanya, process device merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk memproses dan mengolah data yang masuk dari input device kemudian dilanjutkan kepada output device sehingga informasi data dapat diterima oleh pengguna.

Jadi urutan pemrosesan suatu data adalah input, process, lalu output. Macam-macam perangkat keras yang termasuk ke dalam process device adalah

– Processor

Processor intel - process device
Processor Intel (foto: pcgamesn.com)

Processor merupakan process device yang berfungsi untuk mengontrol sistem dalam komputer. Processor merupakan otak dari komputer. Processor juga sering disebut dengan CPU yang merupakan singkatan dari Central Processing Unit. Perangkat ini mengoperasikan aritmatika, logika dan operasi I/O (input/output) yang ditetapkan dalam program. Ada banyak merek processor yang beredar di pasaran. Merek processor yang paling terkenal dan menguasai pasar saat ini adalah processor keluaran Intel dan AMD.

– RAM (Random Access Memory)

RAM - komponen komputer
RAM (foto: easytechjunkie.com)

RAM merupakan process device yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Maksud data sementara adalah data yang disimpan akan hilang saat komputer sudah dimatikan. Semakin besar kapasitas RAM, maka akan semakin banyak program yang dapat dijalankan secara bersamaan. Macam-macam RAM di antaranya adalah SDRAM, DDR RAM, VRAM, dan masih banyak lagi.

– GPU (Graphic Processing Unit)

Perangkat keras GPU
GPU (foto: notebookcheck.net)

GPU merupakan process device yang berfungsi untuk melakukan render pada gambar dan video yang akan ditampilkan pada monitor. Berbeda dengan CPU, GPU merupakan chip yang dikhususkan untuk keperluan display. Jadi keberadaan GPU adalah untuk membantu CPU untuk menampilkan grafis tingkat tinggi secara lebih optimal.

2. Software

Software adalah perangkat lunak pada komputer yang tidak dapat disentuh tapi dapat dilihat melalui display monitor. Di dalam software berisi kumpulan instruksi dan data yang memberitahu bagaimana komputer harus bekerja. Software dibuat menggunakan bahasa pemrograman tertentu oleh seorang programmer. Keberadaan software berfungsi supaya sebuah komputer dapat dioperasikan. Terdapat banyak macam software yang ada dalam komputer di antaranya yaitu

A. Sistem Operasi

Berbagai macam sistem operasi (operating system)
Berbagai macam sistem operasi (gambar: howtogeek.com)

Sistem operasi atau operating system yang sering disingkat menjadi OS merupakan perangkat lunak komputer yang berfungsi untuk mengatur kerja perangkat keras serta menjalankan software dalam suatu sistem komputer. Bisa dikatakan bahwa sistem operasi merupakan software utama yang ada dalam komputer. Dengan adanya sistem operasi, pengguna dapat mengoperasikan berbagai macam software lainnya. Contoh sistem operasi yang paling populer adalah Microsoft Windows, Linux dan macOS.

B. Browser

Perangkat lunak browser
Berbagai macam browser (gambar: c-yber.com)

Browser atau peramban web atau penjelajah web merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk mendapatkan berbagai macam informasi dan data dari internet. Contoh browser bawaan yang ada di Windows adalah Microsoft Edge atau Internet Explorer. Saat pertama kali memasang sistem operasi Windows biasanya browser ini yang dijadikan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan dan meng-install browser atau software lainnya.

C. Office

Microsoft Office 365
Microsoft Office

Tidak hanya Microsoft Office, terdapat juga banyak perangkat lunak office (perkantoran) yang bisa digunakan oleh pengguna komputer sebagai alternatif seperti Libre Office, Zoho Workplace, WPS Office, FreeOffice dan masih banyak lagi. Perangkat lunak office biasanya digunakan untuk perkejaan-pekerjaan kantor seperti membuat dokumen, presentasi, spreadsheet dan lainnya. Selain orang kantor, perangkat lunak ini juga sering digunakan oleh para mahasiswa untuk membuat tugas.

D. Desain Grafis

Produk Adobe untuk desain grafis (gambar: myfopinion.wordpress.com)

Desain grafis merupakan proses komunikasi melalui elemen visual seperti ilustrasi, tipografi, fotografi untuk menyampaikan sebuah pesan dari suatu persepsi yang diciptakan. Ada banyak sekali jenis perangkat lunak untuk desain grafis di antaranya Adobe Photoshop untuk mengolah desain grafis berbasis bitmap dan Adobe Illustrator untuk mengolah desain grafis berbasis vektor.

3. Brainware

Brainware adalah orang atau pengguna dari perangkat komputer yang mengoperasikan komponen hardware dan software. Jadi brainware merupakan komponen yang menjadikan hardware dan software pada komputer dapat berjalan. Brainware juga dibagi menjadi beberapa macam yaitu

A. Operator

Sesuai dengan namanya, operator merupakan brainware yang mengoperasikan sistem yang ada di komputer. Operator menjalankan, menjaga dan memastikan bahwa seluruh hardware dan software yang ada pada komputer berjalan dengan baik.

B. Administrator

Administrator merupakan brainware yang memiliki kapabilitas untuk mengontrol sebuah semua sistem yang ada pada komputer. Administrator bertugas untuk mengontrol dan mengawasi seluruh kegiatan dari operator. Dapat diartikan bahwa administrator mempunyai akses lebih pada sistem komputer dibandingkan dengan operator.

C. Programmer

Programming - kegiatan pemrograman
Ilustrasi aktivitas pemrograman (foto: pixabay.com)

Programmer merupakan brainware atau orang yang membuat sebuah program pada komputer. Programmer juga dibagi lagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan program yang mereka bangun. Macam-macam programmer:

  • Programmer web
  • Programmer aplikasi desktop
  • Programmer system
  • Programmer driver
  • Programmer compiler

You may also like

1 comment

reyhan May 31, 2022 - 2:30 PM

thank you admin artikel nya sungguh sangat menarik

Reply

Leave a Comment