10+ Jenis Keyboard Komputer dan Fungsinya [Dilengkapi Gambar]

Pada artikel ini kita akan membahas tentang jenis-jenis keyboard komputer. Keyboard merupakan perangkat keras atau hardware yang masuk kategori input device dalam sebuah rangkaian komponen komputer. Perangkat keras biasa yang digunakan untuk mengetik ini ternyata memiliki banyak jenis. Jenis-jenis dari keyboard ini dibagi berdasarkan fungsi komponen, bentuk fisik, konektor yang digunakan, layout dan ukuran. Apa saja itu? Mari kita bahas satu per satu

Jenis Keyboard Komputer Berdasarkan Komponen

1. Keyboard Membran (Rubber Dome)

jenis keyboard komputer membran merek logitech
Keyboard membran Logitech K120 (foto: logitech.com)

Jenis keyboard komputer berdasarkan komponen yang pertama adalah keyboard membran. Keyboard membran atau rubber dome merupakan keyboard yang paling mudah ditemukan di toko-toko komputer yang tersebar di Indonesia. Keyboard jenis ini paling banyak digunakan oleh pengguna komputer karena bentuknya yang paling umum dan harganya yang murah.

Sesuai dengan namanya, keyboard jenis ini menggunakan pegas berbahan karet pada dasar keyboard. Kelemahan dari keyboard ini adalah pegas karet atau rubber dome yang tidak tahan lama sehingga tombol keyboard yang sering ditekan biasanya daya pegasnya semakin buruk dari waktu ke waktu. Hal tersebut dapat dirasakan dengan umpan balik pada tombol yang tidak terlalu terasa lagi sewaktu ditekan.

2. Keyboard Mekanik

jenis keyboard komputer mekanik
Keyboard Mekanik Apex Pro (foto: steelseries.com)

Yang ke dua adalah keyboard mekanik. Keyboard mekanik (mechanical keyboard) biasanya digunakan sebagai pengganti keyboard membrane oleh para gamer dan typewriter karena kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Keyboard ini tidak menggunakan pegas karet melainkan menggunakan pegas mekanik. Dengan pegas mekanik yang ada di keyboard mekanik, umpan balik saat menekan tombol-tombol pada keyboard ini akan lebih terasa dibandingkan dengan keyboard membran. Umpan balik atau feedback inilah yang biasanya dicari oleh para gamer atau pengetik cepat.

Keyboard mekanik memiliki daya tahan yang jauh lebih lama dibandingkan dengan keyboard membran. Daya tahan dari keyboard mekanik rata-rata mencapai 50 juta keystrokes sedangkan keyboard membran hanya mencapai 10 juta keystrokes.

Meskipun dengan kelebihan yang dimiliki tersebut, keyboard mekanik tidak terlalu banyak digunakan oleh para pengguna komputer karena harganya yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan keyboard membran.

Jenis Keyboard Komputer Berdasarkan Bentuk

1. Keyboard Komputer

Jenis keyboard komputer berdasarkan bentuk yang pertama adalah keyboard komputer normal. Keyboard ini merupakan keyboard yang paling mudah ditemukan di toko-toko komputer. Di Indonesia, tipe layout pada keyboard komputer pada umumnya adalah QWERTY. Walaupun namanya keyboard komputer, banyak juga yang menggunakan keyboard ini pada laptop meskipun sudah terdapat keyboard tersendiri. Alasannya adalah lebih nyaman untuk digunakan mengetik atau supaya keyboard yang ada di laptop lebih tahan lama.

2. Keyboard Ergonomis

keyboard ergonomis
Keyboard Ergonomis Logitech (foto: pcmag.com)

Jenis keyboard komputer berdasarkan bentuk yang ke dua adalah keyboard ergonomis. Keyboard ergonomis merupakan jenis keyboard yang diciptakan untuk memperbaiki masalah cedera dan ketegangan otot akibat penggunaan keyboard yang terlalu lama. Keyboard ini sangat cocok bagi pemain game dan pengetik yang biasa menggunakan keyboard dalam waktu lama.

Jika kita mencari keyboard ergonomis di internet, ada banyak sekali bentuk yang bisa kita temukan. Yang pasti semua bentuk keyboard ergonomis tersebut diciptakan sedemikian rupa untuk menyesuaikan posisi alami dari tangan saat mengetik sehingga dapat meminimalkan terjadinya cedera dan ketegangan otot.

3. Keyboard Fleksibel

keyboard fleksibel
Keyboard fleksibel (foto: gembird.com)

Yang terakhir dari jenis keyboard komputer berdasarkan bentuknya adalah keyboard fleksibel. Keyboard fleksibel juga sering disebut dengan keyboard karet gulung. Keyboard ini terbuat dari karet dan tidak menggunakan pegas di dalamnya sehingga umpan balik keyboard terjadi langsung dari tombol-tombol keyboard itu sendiri yang terbuat dari karet. Apabila keyboard ini dibuka, terdapat sekumpulan sensor yang akan mengirimkan perintah saat terkena sentuhan dari tombol keyboard yang ditekan.

Kelebihan dari keyboard ini adalah harganya yang sangat murah dan sangat hemat tempat saat dibawa ke mana-mana. Kekurangan dari keyboard ini adalah kurang nyaman apabila digunakan untuk mengetik dan bermain game karena feel umpan balik yang tidak menggunakan pegas pada keyboard ini sangat kurang terasa dibandingkan dengan jenis keyboard lainnya.

Jenis Keyboard Komputer Berdasarkan Konektor

1. Keyboard Serial

jenis keyboard komputer serial
Keyboard Serial (foto: geekhack.org)

Jenis keyboard komputer berdasarkan konektor yang pertama adalah keyboard serial. Keyboard serial adalah keyboard yang menggunakan konektor serial. Konektor ini sama seperti konektor yang biasa digunakan pada proyektor. Bentuk dari konektor ini adalah kotak dengan 9 jarum di tengahnya.

2. Keyboard PS/2

Keyboard PS/2 - jenis keyboard
Keyboard PS/2 HP (foto: alancomputech.com)

Yang ke dua adalah keyboard PS/2. Keyboard PS/2 merupakan keyboard yang menggunakan konektor PS/2. PS/2 merupakan konektor DIN mini yang memiliki 6 pin. Keyboard jenis ini masih dapat kita temukan sekarang akan tetapi sudah tidak sebanyak keyboard USB. Jenis keyboard ini biasanya sudah pernah dirasakan oleh pengguna generasi Z ke bawah.

3. Keyboard USB

jenis keyboard USB
Keyboard USB (foto: hp.com)

Jenis keyboard berdasarkan konektor selanjutnya adalah keyboard USB. Keyboard dengan konektor USB merupakan keyboard yang paling banyak ditemukan pada zaman ini. Dibandingkan dengan dua konektor sebelumnya, pemasangan konektor USB jauh lebih mudah karena kita hanya perlu untuk mencocokkan tempat dan arah USB yang tepat dan tidak perlu mencocokkan letak dari pin-pin yang ada pada konektor.

USB merupakan singkatan dari Universal Serial Bus. Konektor ini dirilis pada tahun 1996. Konektor USB versi standard terdiri dari 3 tipe yaitu tipe A, tipe B, dan tipe C. Tipe USB yang biasanya digunakan pada keyboard yang beredar di pasaran adalah tipe A.

4. Keyboard Wireless

keyboard wireless
Keyboard Wireless (foto: logitech.com)

Jenis keyboard komputer berdasarkan konektor yang terakhir adalah keyboard wireless. Jenis keyboard yang satu ini adalah jenis keyboard yang paling berbeda dibandingkan dengan 3 macam jenis keyboard di atas. Sesuai dengan namanya, keyboard ini tidak menggunakan kabel sebagai konektornya. Pengguna hanya perlu untuk memasang USB receiver untuk menghubungkan keyboard dengan komputer atau laptop.

Selain menggunakan USB receiver, beberapa merek keyboard menggunakan koneksi bluetooth untuk bisa terkoneksi sehingga pengguna tidak perlu untuk mencolokkan USB receiver pada komputer atau laptop mereka.

Jenis Keyboard Komputer Berdasarkan Layout

1. Keyboard QWERTY

Layout QWERTY
Keyboard QWERTY (gambar: wikimedia.org)

Keyboard QWERTY merupakan keyboard dengan layout yang paling banyak digunakan di seluruh dunia dan didesain untuk pengetik alfabet latin. Dinamakan keyboard QWERTY karena susunan huruf awal dari keyboard ini adalah Q, W, E, R, T, dan Y. Layout ini dirancang dan diciptakan pada tahun 1870an oleh Christopher Latham Sholes yang merupakan seorang editor koran.

2. Keyboard QZERTY

Layout QZERTY
Keyboard QZERTY (foto: wikimedia.org)

Keyboard QZERTY merupakan keyboard dengan layout QZERTY yang biasanya digunakan di Italia. Namun, beberapa tahun belakangan layout QZERTY sudah mulai tergantikan oleh layout QWERTY dengan tombol huruf à, è, ò. Layout dari keyboard QZERTY ini bisa dikatakan hampir 100% mirip dengan layout QWERTY. Hanya huruf Z dengan W dan huruf M dengan ; yang ditukar. Selain itu peletakan tombolnya sama persis dengan QWERTY.

3. Keyboard AZERTY

Layout AZERTY
Keyboard AZERTY (foto: researchgate.net)

Layout AZERTY merupakan layout keyboard yang biasa digunakan untuk pengetikan karakter latin. Nama AZERTY diambil dari susunan awal layout ini yaitu A, Z, E, R, T, dan Y. Keyboard ini biasanya digunakan oleh penutur bahasa Prancis dan Flemish.

4. Keyboard QWERTZ

Layout QWERTZ
Keyboard QWERTZ (gambar: wikimedia.org)

Seperti dengan namanya, keyboard ini merupakan keyboard yang menggunakan layout QWERTZ. QWERTZ diambil dari susunan paling awal layout ini yaitu Q, W, E, R, T, dan Z. Layout keyboard ini biasanya digunakan di wilayah Eropa Tengah. Dikarenakan huruf Z di sana lebih sering muncul dibandingkan dengan huruf Y, maka dari itu layout pada keyboard ini menukar letak huruf Z dengan huruf Y.

5. Keyboard Dvorak

Layout keyboard Dvorak
Keyboard Dvorak (gambar: wikimedia.org)

Layout dari keyboard Dvorak sangat benar-benar berbeda dari susunan 4 keyboard di atas (QWERTY, QZERTY, AZERTY, QWERTZ). Nama Dvorak sendiri bukanlah didasarkan oleh susunan awal tombol pada keyboard melainkan diambil dari nama pencipta layout keyboard itu sendiri. Layout Dvorak dipatenkan pada tahun 1936 oleh August Dvorak dan William Dealey. Layout keyboard ini diklaim dapat menjadikan lebih sedikit pergerakan pada saat mengetik, meningkatkan kecepatan mengetik, dan mengurangi repetitive strain injury.

6. Keyboard Alfabetis

keyboard alfabetis
Keyboard Alfabetis (foto: lolsmartgames.blogspot.com)

Keyboard alfabetis merupakan keyboard yang susunan huruf pada tombol-tombolnya sama persis seperti susunan alfabet yaitu A-Z. Keyboard ini sangat cocok bagi pengguna komputer yang belum hafal sama sekali dengan layout keyboard pada umumnya. Namun keyboard ini sangat tidak cocok digunakan untuk mengetik 10 jari atau mengetik cepat.

Jenis Keyboard Komputer Berdasarkan Ukuran

1. Keyboard Full-sized

Keyboard full-sized
Keyboard ukuran penuh (foto: logitech.com)

Keyboard full-sized merupakan keyboard yang memiliki ukuran penuh. Ini artinya keyboard full-sized memiliki susunan tombol yang lengkap yaitu tombol huruf, tombol angka di atas huruf, tombol panah, tombol F1-F12, number pad, dan tombol function lainnya seperti Insert, Delete, Home, End, Page Up, Page Down.

2. Keyboard 1800 Compact

1800 Compact (foto: amazon.com)

Layout pada 1800 compact keyboard hampir mirip dengan keyboard ukuran penuh. Yang membedakan adalah ukurannya yang lebih diperkecil dengan merapatkan tombol panah dan number pad sehingga ukuran dari keyboard ini lebih kecil dibandingkan dengan keyboard full-sized.

3. Keyboard TKL (Tenkeyless)

keyboard TKL
Keyboard TKL (foto: keychron.com)

Keyboard tenkeyless atau biasa disingkat menjadi TKL merupakan keyboard yang tidak memiliki number pad. Dinamakan tenkeyless karena tidak adanya sepuluh tombol (number pad 0-9) pada keyboard ini. Jadi tombol-tombol yang terdapat pada keyboard TKL adalah tombol huruf, tombol angka di atas huruf, tombol panah, tombol F1-F12, dan tombol function lainnya.

4. Keyboard 75%

keyboard 75%
Keyboard 75% (foto: amazon.com)

Konsep dari keyboard 75% sama seperti keyboard TKL yaitu tanpa number pad. Yang membedakan keyboard 75% dengan TKL adalah tanda panah dan tombol-tombol function seperti Home, Page Up, Page Down, End, dsb menjadi satu dengan tombol-tombol huruf dan angka. Tombol F1-F12 juga posisinya menjadi satu dengan tombol-tombol angka sedangkan pada keyboard TLK terdapat jarak antara tombol F1-F12 dengan tombol-tombol angka.

5. Keyboard 65%

keyboard 65%
Keyboard 65% (foto: amazon.com)

Konsep dari keyboard 65% juga mirip dengan keyboard 75% yaitu semua tombol pada keyboard memiliki jarak yang rapat. Akan tetapi pada keyboard 65% terdapat beberapa tombol yang dihilangkan yaitu tombol F1-F12. Pada pada merek keyboard 65%, fungsi F1-F12 digabungkan pada tombol angka.

6. Keyboard 60%

keyboard 60%
Keyboard 60% (foto: pcmag.com)

Keyboard 60% merupakan keyboard yang berdimensi lebih kecil dan lebih sederhana dibandingkan dengan keyboard 65%. Pada keyboard 60% sudah tidak terdapat lagi tombol panah, tombol Delete, Home, Page Up, dan Page Down.

7. Keyboard 40%

keyboard mini 40%
Keyboard 40% (foto: extremetech.com)

Keyboard 40% merupakan keyboard dengan dimensi paling kecil yang bisa digunakan untuk mengetik. Pada keyboard ini hanya terdapat tombol huruf dan beberapa tombol lainnya yang dianggap penting seperti ESC, Backspace, Control, Shift, Alt tanpa tombol angka-angka dan yang lainnya.

8. Keyboard Number Pad

Keyboard number pad
Keyboard Number Pad (foto: windowscentral.com)

Berbeda dari 7 jenis keyboard berdasarkan ukuran di atas, keyboard yang satu ini dikhususkan hanya untuk melakukan operasi matematika. Pada keyboard ini hanya terdapat layout number pad seperti yang ada pada keyboard ukuran penuh. Kegunaan keyboard ini adalah sebagai pelengkap jenis keyboard yang tidak memiliki number pad.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *