Home Komputer dan Laptop 2 Jenis Stylus Pen dan Rekomendasi Stylus Pen yang Bisa Anda Beli

2 Jenis Stylus Pen dan Rekomendasi Stylus Pen yang Bisa Anda Beli

by TendaTekno

Stylus pen merupakan sebuah input device atau perangkat masukan berbentuk pulpen. Lalu apa fungsi dari stylus pen? Kita sudah ketahui bahwa menggambar di layar sentuh menggunakan jari akan sulit untuk menghasilkan presisi yang baik. Dengan menggunakan stylus pen maka pengguna akan menjadi lebih mudah dan nyaman untuk menggambar pada layar sentuh.

Pada artikel kali ini kita akan membahas jenis-jenis stylus pen. Terdapat 2 jenis stylus pen yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apa 2 jenis stylus pen tersebut? Mari kita bahas satu per satu

Jenis-jenis Stylus Pen

A. Active

LG Active Stylus Pen (foto: lg.com)

Active stylus pen juga disebut dengan digital stylus pen. Stylus jenis ini memiliki sikuit atau komponen digital di dalamnya untuk memberikan respons terhadap layar sentuh. Dengan adanya komponen digital tersebut memungkinkan active stylus pen fitur canggih seperti sensitivitas tekanan, tingkat kemiringan, pendeteksian telapak tangan, tip penghapus, dan masih banyak lagi. Sensitivitas active stylus pen yang maksimal menjadikannya dapat memiliki ujung yang lancip sehingga memberikan perasaan layaknya menggunakan pensil pada umumnya.

Supaya fitur canggih dapat bekerja secara maksimal, active stylus pen harus kompatibel dengan perangkat yang digunakan. Jenis stylus pen ini menggunakan tenaga baterai yang biasanya menggunakan sistem isi ulang karena stylus pen ini menggunakan komponen digital sehingga tidak dapat digunakan secara terus-menerus atau non stop.

Kelebihan Active Stylus Pen

  1. Memiliki banyak fitur canggih
  2. Ujung tip yang lancip memberikan pengalaman seperti menggunakan pensil sungguhan

Kekurangan Active Stylus Pen

  1. Menggunakan tenaga baterai sehingga tidak bisa digunakan secara non stop
  2. Untuk mendapatkan banyaknya fitur yang tersedia harus kompatibel dengan perangkat yang digunakan. Jadi active stylus pen hanya bisa bekerja maksimal pada beberapa merek atau jenis layar sentuh

B. Capacitive

jenis stylus pen kapasitif
Capacitive Stylus Pen (foto: mytrendyphone.eu)

Capacitive stylus pen sering disebut juga dengan pasive stylus pen. Capacitive stylus pen berbanding terbalik dengan active stylus pen. Jenis stylus pen yang satu ini tidak menggunakan komponen digital sama sekali untuk dapat beroperasi akan tetapi menggunakan bahan-bahan yang dapat memberikan respons pada layar sentuh seperti busa konduktif, karet, tembaga, dll. Dengan begitu, capacitive stylus pen tidak memerlukan baterai sehingga dapat digunakan secara terus menerus.

Capacitive stylus pen biasanya juga dapat digunakan pada semua jenis dan merek perangkat layar sentuh yang dapat dioperasikan dengan jari. Hal tersebut dikarenakan konsep dari capacitive stylus pen adalah untuk menggantikan peran jari untuk mengoperasikan layar sentuh. Akan tetapi, bentuk ujung tip dari capacitive stylus pen biasanya tidak berbentuk lancip seperti pensil pada umumnya sehingga pengguna tidak dapat merasakan sensasi layaknya menggunakan pensil pada umumnya.

Kelebihan Capacitive Stylus Pen

  1. Tidak menggunakan baterai sehingga bisa digunakan secara non stop atau terus menerus
  2. Kompatibel pada banyak jenis dan merek layar sentuh yang digunakan

Kekurangan Capacitive Stylus Pen

  1. Tidak memiliki banyak fitur seperti pada active stylus pen
  2. Ujung tip yang tidak lancip menjadikan sensasi menggambar tidak senyaman menggunakan active stylus pen

Rekomendasi Active Stylus Pen

1. WH870 Universal Active Stylus Pen

WH870 Universal Active Stylus Pen
WH870 Universal Active Stylus Pen (foto: tokopedia.com)

WH870 Universal Active Stylus Pen merupakan active stylus pen yang digunakan untuk layar sentuh kapasitif. Kelebihan dari stylus pen ini adalah ujungnya yang lancip sehingga memberikan sensasi menulis seperti menggunakan pulpen biasa. Material yang digunakan pada body stylus pen ini adalah stainless steel yang sudah dilapisi permukaannya sehingga terasa nyaman saat digunakan. Tip pada stylus pen ini dapat ditekan atau extendable.

WH870 stylus pen ditenagai oleh baterai Lithium Polymer berkapasitas 140mAh. Terdapat fitur Smart Power-Saving yang akan membuat stylus pen otomatis mati apabila tidak digunakan dalam waktu 30 menit untuk menghemat daya.

2. MILS Technologies Apple Pencil Series Stylus

MILS Technologies Apple Pencil Series Stylus (foto: shopee.co.id)

Active stylus pen yang satu ini merupakan stylus pen khusus untuk produk Apple. MILS Technologies Apple Pencil Series Stylus memiliki fitur palm rejection yang menjadikan Anda tidak perlu untuk menggunakan sarung tangan untuk menghindari sentuhan tidak sengaja dari telapak tangan.

Terdapat juga fitur tilt sensitive atau sensor kemiringan yang berfungsi untuk menciptakan tebal tipis garis dari kemiringan stylus pen yang dilakukan seperti halnya saat kita membuat garis menggunakan pensil.

3. Mils Technologies Universal Pencil

Mils Technologies Universal Pencil
Mils Technologies Universal Pencil (foto: shopee.co.id)

Rekomendasi active stylus pen yang ketiga juga merek Mils Technologies namun yang ini berbeda karena kompatibel pada banyak perangkat tidak hanya untuk produk Apple saja. Mils Technologies Universal Pencil menggunakan 1.3 POM nib yang menjadikannya dapat dioperasikan secara lebih akurat. Selain itu, nib pada stylus pen ini tidak menimbulkan suara berisik saat dioperasikan.

Rekomendasi Capacitive Stylus Pen

1. CIJI Stylus Pen

ciji jenis stylus pen capacitive
CIJI Stylus Pen (foto: tokopedia.com)

CIJI Stylus Pen merupakan stylus pen capacitive yang mana ujung tip terbuat dari paduan tembaga dan aluminium. Ujung stylus pen ini dibuat elastis sehingga tidak akan merusak layar. Kompatibel dengan semua perangkat dengan layar sentuh kapasitif. Terdapat magnet pada ujung satunya untuk meletakkan tutup stylus pen saat digunakan sehingga tutup tidak mudah hilang.

2. ZHFU Stylus Pro 2 in 1

ZHFU capacitive stylus pen
ZHFU Stylus Pro (foto: tokopedia.com)

Rekomendasi capacitive stylus pen yang kedua adalah ZHFU Stylus Pro. Pada produk ini terdapat dua jenis pulpen dalam satu yaitu stylus pen dan pulpen biasa. Bentuk dari tip yang digunakan sama seperti pada CIJI Stylus Pen. Stylus pen ini cocok untuk Anda yang ingin bisa sekaligus menggunakan pulpen asli untuk menulis di atas kertas.

3. YOUNGPRO Stylus Pen 2 in 1

YOUNGPRO Stylus Pen 2 in 1
YOUNGPRO Stylus Pen (foto: tokopedia.com)

Rekomendasi capacitive stylus pen yang terakhir adalah YOUNGPRO Stylus Pen 2 in 1. Meskipun terdapat embel-embel “2 in 1” seperti pada ZHFU Stylus Pro, namun pada YOUNGPRO Stylus Pen ini pulpen yang satunya juga merupakan stylus pen namun dengan bahan yang berbeda yaitu rubber atau karet. Stylus pen ini cocok untuk Anda yang ingin merasakan sensasi menulis capacitive stylus pen dengan bahan yang berbeda.

You may also like

1 comment

Reyhan May 27, 2022 - 12:54 PM

terimakasih artikelnya bermanfaat

Reply

Leave a Comment