Home Komputer dan Laptop 5 Jenis Speaker beserta Penjelasannya

5 Jenis Speaker beserta Penjelasannya

by TendaTekno

Dalam komponen komputer, speaker merupakan output device yang berfungsi untuk menghasilkan audio. Tidak hanya pada komputer, speaker juga sering digunakan pada perangkat elektronik lainnya untuk menghasilkan audio. Jenis speaker ternyata ada berbagai macam yang apabila dikombinasikan akan menghasilkan suara audio yang saling melengkapi. Ini dia jenis-jenis speaker yang perlu untuk diketahui.

1. Speaker Subwoofer

jenis speaker subwoofer
Speaker Subwoofer (foto: pixabay.com)

Speaker subwoofer merupakan jenis speaker yang menghasilkan suara nada rendah. Frekuensi suara yang dihasilkan speaker subwoofer adalah antara 20 sampai 200 Hz. Dengan frekuensi suara yang dihasilkan, kita dapat menikmati nada rendah atau suara full bass dari audio yang kita dengarkan.

Biasanya ukuran dari speaker ini paling besar apabila dibandingkan dengan jenis speaker lainnya yaitu sekitar 8 sampai 21 inci. Speaker subwoofer akan menghasilkan audio terbaik apabila dikombinasikan dengan speaker berfrekuensi tinggi seperti tweeter sehingga audio yang dihasilkan akan saling melengkapi. Kombinasi speaker subwoofer dan tweeter disebut dengan 2 way speaker.

2. Speaker Woofer

Jenis speaker yang ke-2 adalah speaker woofer. Sama seperti speaker subwoofer, speaker woofer menghasilkan suara nada rendah namun dengan frekuensi yang lebih tinggi yaitu sekitar 40 sampai 1000 Hz. Speaker woofer memiliki ukuran yang cukup besar namun tidak sebesar speaker subwoofer. Ukuran dari speaker ini adalah 4 sampai 12 inci.

3. Speaker Mid Range

Speaker mid range merupakan speaker yang menghasilkan frekuensi suara antara 500 sampai 5000 Hz. Ukuran dari speaker mid range biasanya lebih kecil dibandingkan dengan speaker woofer yaitu sekitar 4 sampai 6 inci. Suara yang dihasilkan pada rentang frekuensi ini adalah suara vokal. Biasanya speaker mid range digunakan sebagai bagian dari 3 way speaker.

4. Speaker Full Range

Sesuai dengan namanya, speaker full range atau speaker rentang penuh memiliki rentang frekuensi suara yang sangat lebar yaitu antara 40 sampai 2000 Hz. Speaker full range mampu menghasilkan suara frekuensi rendah dan tinggi sekaligus. Biasanya jenis speaker ini digunakan pada speaker multimedia dengan harga murah. Karena rentang suara yang dihasilkan multifungsi menjadikannya tidak menghasilkan kualitas suara semaksimal jenis speaker lainnya yang hanya berfokus pada rentang frekuensi suara tertentu.

5. Speaker Tweeter (Treble)

Jenis speaker yang terakhir adalah speaker tweeter atau juga dikenal dengan sebutan speaker treble. Speaker ini menghasilkan suara nada tinggi dengan frekuensi antara 3.500 sampai 20.000 Hz. Ukurannya paling kecil dibandingkan dengan jenis speaker lainnya. Sebutan tweeter diambil dari kata “tweet” yang menggambarkan suara tinggi yang dihasilkan oleh burung. Seperti speaker mid range, speaker ini biasanya menjadi bagian dari 3 way speaker.

Apa yang dimaksud dengan 3 way speaker?

3 way speaker
3 Way Speaker (foto: hifireport.com)

Sempat beberapa kali disebutkan di atas tentang 3 way speaker. Apa itu 3 way speaker? 3 way speaker adalah speaker yang terdiri dari 3 jenis speaker yaitu speaker frekuensi nada rendah, sedang dan tinggi.

Seperti yang sudah dijelaskan pada jenis-jenis speaker, speaker nada rendah adalah subwoofer atau woofer, speaker nada sedang adalah mid range dan speaker nada tinggi adalah tweeter. Jadi 3 way speaker adalah speaker gabungan dari speaker woofer atau subwoofer, mid range, dan tweeter.

Selain 3 way speaker, terdapat juga 2 way speaker yang terdiri dari speaker nada rendah dan tinggi.

You may also like

Leave a Comment