Home Komputer dan Laptop 5+ Jenis Scanner beserta Gambar dan Penjelasannya

5+ Jenis Scanner beserta Gambar dan Penjelasannya

by TendaTekno

Scanner adalah merupakan salah satu komponen komputer yang memiliki fungsi untuk mengubah dokumen atau gambar/foto asli menjadi dokumen atau gambar digital. Ditinjau dari fungsinya, scanner merupakan perangkat input atau input device. Apabila scanner dikolaborasikan dengan printer, maka kita bisa mendapatkan fungsi fotokopi.

Jenis scanner yang sering kita temukan di rumah-rumah adalah scanner flatbed. Selain scanner flatbed, masih banyak jenis scanner lainnya yang akan kita bahas satu persatu pada artikel kali ini.

1. Scanner Drum

jenis scanner drum
Scanner Drum (foto: wikimedia.org)

Jenis scanner yang pertama adalah scanner drum. Scanner ini menangkap informasi sebuah gambar dengan photomultiplier tubes (PMT). PMT adalah sebuah tabung vakum yang mengubah foton menjadi sebuah sinyal listrik. Nama dari scanner ini diambil dari silinder akrilik bening atau drum yang digunakan.

Scanner drum biasanya digunakan untuk memindai objek berukuran besar. Kelebihan dari scanner ini adalah dapat memindai gambar dengan hasil berkualitas tinggi yang memiliki resolusi super mencapai 24.000 PPI. Akan tetapi kekurangan dari scanner ini adalah ukurannya yang sangat besar.

2. Scanner Flatbed

Jenis scanner flatbed
Scanner Flatbed Epson (foto: epson.co.id)

Scanner flatbed merupakan jenis scanner yang paling banyak digunakan karena harganya yang murah dan ukurannya yang tidak terlalu besar. Pengoperasiannya juga terbilang mudah dan daya listrik yang dibutuhkan tidak sebesar scanner drum. Untuk mengirim data ke komputer, pengguna cukup menggunakan sambungan USB.

Berbeda dengan scanner drum yang menggunakan PMT, scanner ini menggunakan teknologi charge-couple device (CCD) atau contact image sensor (CIS) dalam memindai sebuah gambar. Perbedaan dari teknologi CCD dan CIS adalah cara sensor pemindai dalam memindai gambar.

3. Scanner Film

Scanner film
Scanner Film Kodak (foto: kodak.com)

Jenis scanner yang ke-3 adalah scanner film. Teknologi yang digunakan scanner film sama seperti teknologi yang digunakan pada scanner flatbed yaitu charge coupled device (CCD). Yang membedakan adalah scanner film digunakan untuk memindai film negatif dan positif sedangkan scanner flatbed digunakan untuk memindai gambar yang sudah jadi.

4. Scanner Roller

jenis scanner roller
Scanner Roller Epson (foto: epson.co.in)

Seperti namanya, scanner ini menggunakan roller untuk memindai sebuah gambar/dokumen. Mesin scanner roller akan menarik kertas yang akan dipindai kemudian kertas tersebut akan bergerak melewati pemindai. Cara kerjanya hampir sama seperti printer, akan tetapi kertas yang masuk ke dalam mesin bukan untuk dicetak melainkan untuk di-scan.

5. Scanner Planetary

Scanner planetary
Scanner Planetary iGuana (foto: iguana-idm.com)

Scanner planetary atau juga bisa disebut dengan scanner orbital merupakan scanner yang biasa digunakan untuk memindai buku langka atau dokumen lainnya yang mudah rusak.

Cara kerja dari scanner planetary adalah gambar diambil dengan kamera pada sebuah tempat yang cukup terang. Konsepnya mirip seperti saat kita memindai sebuah dokumen menggunakan kamera pada smartphone dengan aplikasi pemindai. Dengan cara kerja yang digunakan pada scanner ini, buku langka atau dokumen yang mudah rusak tidak perlu mendapatkan tekanan pada saat pemindaian seperti scanner pada umumnya.

6. Scanner Genggam

hand scanner
Scanner Genggam iScan (foto: amazon.com)

Sesuai dengan namanya, scanner genggam atau scanner tangan (hand scanner) dioperasikan dengan cara tangan langsung saat memindai sebuah gambar. Terdapat dua macam tipe dari scanner genggam yaitu scanner dokumen dan scanner 3D.

Cara kerjanya adalah pengguna menggerakkan scanner menggunakan tangan mereka pada sebuah gambar atau dokumen yang ingin dipindai. Berbeda dengan jenis scanner lainnya yang tugas dalam pemindaian gambar atau dokumen dilakukan oleh scanner itu sendiri. Kelebihan dari scanner ini adalah ukurannya yang lebih ringkas dibandingkan dengan scanner jenis lainnya.

7. Scanner 3D

Scanner 3D
Scanner 3D EinsScan (foto: evolusi3d.com)

Berbeda dengan scanner jenis lainnya, scanner yang satu ini digunakan untuk memindai objek 3D. Cara kerjanya adalah objek 3D diletakkan pada sebuah meja putar kemudian sensor scanner 3D akan memindai seluruh bagian dari objek 3D yang dipindai. Ada juga scanner 3D bertipe scanner genggam yang cara kerjanya adalah pengguna perlu untuk menggerakkan sensor pemindai 3D ke seluruh permukaan objek 3D menggunakan tangan mereka.

8. Scanner Portabel

Epson portable scanner
Scanner Portabel Epson (foto: epson.co.id)

Scanner portabel adalah scanner yang dapat dibawa ke mana-mana karena ukurannya yang ringkas. Salah satu contoh dari scanner portabel adalah scanner genggam. Terdapat juga scanner portabel bertipe mirip dengan scanner roller yang cara kerjanya menarik dokumen yang dipindai sehingga kertas akan berjalan melewati sensor pemindai.

You may also like

Leave a Comment