Home Komputer dan Laptop 7 Jenis Printer Komputer yang Tersedia di Pasaran

7 Jenis Printer Komputer yang Tersedia di Pasaran

by TendaTekno

Apa itu printer? Printer merupakan perangkat output (output device) yang ada pada suatu rancangan komponen-komponen komputer. Fungsi printer adalah mencetak dokumen digital menjadi dokumen asli dalam bentuk kertas.

Pada zaman sekarang, sudah banyak sekali jenis printer mulai dari teknologi yang digunakan hingga fungsi dari printer itu sendiri. Tidak hanya untuk mencetak dokumen saja namun terdapat juga printer yang bisa mencetak sebuah objek 3D. Pada artikel kali ini kita akan membahas jenis-jenis printer tersebut.

1. Printer Tinta

jenis printer tinta
Printer Inkjet Canon (foto: wikimedia.org)

Sesuai dengan namanya, printer tinta merupakan printer yang menggunakan tinta untuk mencetak sebuah dokumen. Printer jenis ini merupakan printer yang paling banyak dimiliki untuk penggunaan pribadi karena harganya yang murah namun kualitas yang dihasilkannya dengan printer jenis lainnya yang lebih mahal. Cara kerja dari printer tinta adalah menyemprotkan tinta dalam bentuk titik-titik kecil dari nozzle pada saat mencetak dokumen pada sebuah kertas.

Terdapat dua macam printer tinta yaitu inkjet dan ink tank. Pada printer inkjet, tinta yang digunakan untuk mencetak dokumen berada pada print head built-in, sedangkan pada printer ink tank, tinta berada pada sebuah wadah. Dengan begitu, pada printer ink tank, pengguna hanya perlu mengisi ulang tinta yang sudah atau akan habis sedangkan pada printer inkjet, pengguna harus mengganti catridge apabila tinta sudah habis.

2. Printer Laser

jenis printer laser
Printer Laser HP (foto: Rozette Rago)

Jenis printer yang ke dua adalah printer laser. Printer ini menggunakan teknologi laser dalam mencetak sebuah dokumen. Kelebihan dari printer laser adalah memiliki kecepatan mencetak lebih tinggi dan biaya per halaman yang lebih rendah dibandingkan dengan printer tinta. Warna yang dihasilkan dari pencetakan printer laser berasal dari toner yang merupakan media pencetakan berbahan dasar serbuk. Bahan dasar serbuk tersebut terbuat dari plastik butiran.

Kelemahan dari printer laser adalah harga catridge dan printer laser itu sendiri lebih mahal dibandingkan dengan printer tinta. Faktor harga tersebut yang menjadikan jumlah pengguna dari printer laser tidak sebanyak printer tinta. Selain itu, printer laser memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan printer tinta.

3. Printer LED

Printer LED merupakan printer yang memiliki konsep mirip dengan printer laser. Yang membedakan adalah printer LED menggunakan susunan LED sebagai sumber cahaya pada printhead, bukan menggunakan laser. Kelebihan dari printer LED adalah memiliki performa yang lebih bagus dan lebih efisien dibandingkan dengan printer laser. Akan tetapi printer ini jarang sekali ditemukan di pasaran khususnya di Indonesia.

4. Printer Dot Matrix

printer dot matrix
Printer Dot Matrix Epson (foto: epson.co.id)

Jenis printer komputer yang ke-4 adalah printer dot matrix. Printer ini menggunakan pita atau beberapa jarum sebagai pencetak dokumen. Printer ini termasuk printer generasi pertama. Apabila dibandingkan dengan printer jenis lainnya, printer ini memiliki hasil cetakan yang tidak terlalu bagus. Biasanya printer jenis ini digunakan untuk mencetak dokumen yang tidak membutuhnya variasi banyak warna seperti kuitansi, dokumen keuangan, dll.

5. Printer Thermal

printer thermal
Printer Thermal ROLLO (foto: amazon.com)

Printer thermal adalah jenis printer yang mencetak dokumen dengan memanfaatkan sifat panas. Cara kerja dari printer ini adalah pemanas yang ada di dalam printer menyalurkan panas ke kertas khusus sehingga bagian kertas yang terkena panas menjadi hitam. Biasanya printer ini hanya memiliki satu jenis warna dan digunakan untuk mencetak setruk belanja.

6. Printer All in One

jenis printer all-in-one
Printer All-in-One Brother (foto: brother.co.id)

Sesuai dengan namanya, printer all-in-one merupakan printer serba bisa. Artinya printer ini tidak hanya digunakan untuk mencetak dokumen saja namun juga dapat digunakan untuk keperluan lainnya. Fungsi lainnya yang terdapat pada printer all-in-one adalah fungsi scan dan faksimile. Banyaknya variasi fungsi yang terdapat pada printer all-in-one tergantung dari merek dan seri printer dari printer itu sendiri.

7. Printer 3D

printer 3d
Printer 3D (foto: makerbot.com)

Berbeda dengan semua jenis printer sebelumnya yang digunakan untuk mencetak dokumen 2D, printer yang satu ini digunakan untuk mencetak sebuah objek 3D. Pengguna dapat mengubah objek 3D yang sudah mereka rancang pada komputer menjadi sebuah objek nyata.

Sama seperti printer 2D, printer 3D juga terdapat lebih dari satu jenis yang mana memiliki cara kerja yang berbeda di setiap jenisnya. Jenis-jenis printer 3D adalah

  • Stereolithography (SLA)
  • Selective Laser Sintering (SLS)
  • Fused Deposition Modelling (FDM)
  • Digital Light Processing (DLP)

You may also like

Leave a Comment