Home Komputer dan Laptop 7+ Jenis Mouse Komputer beserta Gambar dan Penjelasannya

7+ Jenis Mouse Komputer beserta Gambar dan Penjelasannya

by TendaTekno

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis mouse. Mouse merupakan salah satu komponen komputer berjenis perangkat keras yang masuk dalam kategori input device.

Fungsi mouse adalah menggerakkan pointer untuk bisa mengoperasikan komputer. Dari pointer yang digerakkan tersebut, pengguna dapat melakukan banyak operasi yaitu memilih objek, melakukan eksekusi pada sebuah program, melakukan drag and drop. Selain untuk menggerakkan pointer, kebanyakan mouse juga bisa digunakan untuk menggulirkan halaman menggunakan scroll wheel yang ada di tengah-tengah antara tombol klik kiri dan kanan.

Jenis-jenis Mouse Berdasarkan Bentuk dan Fungsi

A. Mouse Mekanik

Mouse mekanik
Mouse Mekanik (foto: denis-lins-store.myshopify.com)

Mouse mekanik atau mechanical mouse merupakan mouse yang menggunakan bola di bagian bawah mouse sebagai sensor penggerak. Mouse ini dipublikasikan pertama kali pada tahun 1968 oleh perusahaan Jerman yang bernama Telefunken. Para awal publikasinya, mouse ini dinamakan dengan ball mouse.

Agar mouse ini dapat digunakan secara maksimal, pengguna sebisa mungkin menggunakan alas yang rata dan tidak licin sehingga bola yang terdapat di bawah mouse dapat bergerak dengan lancar. Selain itu, pengguna harus secara rutin menjaga kebersihan dari bola mouse supaya tidak performa dari mouse mekanik ini tetap terjaga. Untuk saat ini, mouse jenis ini sudah sangat jarang ditemukan karena sudah tergantikan oleh mouse jenis lainnya yang lebih modern.

B. Mouse Optik

Jenis mouse optik
Mouse Optik (foto: easytechjunkie.com)

Mouse optik atau optical mouse merupakan mouse yang menggunakan cahaya laser untuk mendeteksi gerakan terhadap permukaan yang ada di bawahnya. Mouse ini juga dikenal dengan nama mouse laser. Pada mouse optik wireless yang menggunakan baterai, cahaya laser hanya menyala di saat terdeteksi sebuah gerakan pada mouse guna menghemat daya.

C. Mouse Gyro

mouse gyro
Mouse Gyro (foto: nytimes.com)

Mouse gyro atau gyroscopic mouse merupakan sebuah mouse yang dapat dioperasikan tanpa alas atau permukaan. Mouse ini juga sering disebut mouse udara. Mouse gyro menggunakan accelerometer untuk mendeteksi mendeteksi gerakan yang dilakukan pada mouse. Pengguna hanya memerlukan gerakan kecil pada pergelangan tangan untuk menggerakkan kursor menggunakan mouse ini sehingga dapat mengurangi rasa lelah pada tangan.

D. Mouse 3D

mouse 3d
Mouse 3D (foto: 3dconnexion.com)

Apa itu mouse 3D? Bukankah semua mouse berwujud 3D alias nyata? Nama mouse 3D bukan merujuk pada bentuk akan tetapi fungsi dari mouse tersebut. Mouse ini sangat berguna sebagai pengontrol ruang kerja virtual 3D. Biasanya mouse ini digunakan oleh para arsitek dan desainer 3D profesional. Dengan mouse ini, pengguna dapat mengoperasikan gerakan pada desain 3D yang mereka kerjakan dengan lebih leluasa.

E. Mouse Ergonomis

mouse ergonomis
Logitech MX ERGO Advanced (foto: logitech.com)

Pada artikel jenis-jenis keyboard, di sana juga terdapat yang namanya keyboard ergonomis. Sama seperti keyboard, mouse ergonomis diciptakan dengan tujuan untuk mengurangi terjadinya cedera dan memberikan kenyamanan yang maksimal saat menggunakan mouse dalam waktu yang lama.

F. Mouse Gaming

mouse gaming
Mouse Gaming Razer Imperator (foto: wikimedia.org)

Jenis mouse berdasarkan fungsi dan bentuk yang terakhir adalah mouse gaming. Sesuai dengan namanya, mouse jenis ini dirancang untuk bermain game.

Mouse gaming biasanya memiliki tingkat ketahanan lebih tinggi dibandingkan dengan mouse pada umumnya karena memang kebutuhan jumlah klik saat bermain game jauh lebih banyak dan intense dibandingkan dengan aktivitas lainnya pada sebuah komputer. Selain itu, pada kebanyakan mouse gaming terdapat tombol pengaturan DPI yang menjadikan mouse ini memiliki sensitivitas lebih tinggi dibandingkan dengan mouse pada umumnya.

Jenis-jenis Mouse Berdasarkan Konektor

A. Mouse Serial

Jenis mouse serial
Mouse Serial (foto: wikimedia.org)

Mouse serial merupakan mouse yang menggunakan konektor serial. Konektor ini merupakan konektor yang biasanya juga digunakan sebagai konektor proyektor. Pada zaman ini, konektor jenis serial, terutama pada mouse dan keyboard, sudah tidak digunakan lagi karena tergantikan oleh konektor yang memiliki kecepatan lebih tinggi seperti USB.

B. Mouse PS/2

jenis mouse ps/2
Mouse PS/2 Microsoft (foto: wikimedia.org)

Jenis mouse berdasarkan konektor yang kedua adalah mouse PS/2. Sesuai dengan namanya, mouse PS/2 merupakan mouse yang menggunakan konektor PS/2. Konektor ini merupakan DIN mini dengan 6 pin. Nama PS/2 diambil dari personal computers dari IBM Personal System/2 series yang diperkenalkan pada tahun 1987. Mouse dengan konektor PS/2 masih dapat ditemukan saat ini meskipun sudah tidak sebanyak mouse USB yang sangat mudah ditemukan di toko-toko komputer.

C. Mouse USB

jenis mouse USB
Mouse USB (foto: publicdomainpictures.net)

Mouse USB merupakan mouse dengan konektor USB yang masih mendominasi di pasaran. Konektor USB memiliki keunggulan dari bentuk konektor yang simpel dan kecepatan transfer data yang lebih cepat dibandingkan dengan jenis konektor generasi sebelumnya.

D. Mouse Wireless (Tanpa Kabel)

mouse wireless
Mouse Wireless Logitech M221 (foto: logitech.com)

Selain mouse USB, mouse yang juga banyak tersedia di toko-toko komputer adalah mouse wireless. Mouse wireless merupakan mouse yang tidak menggunakan kabel konektor untuk bisa terhubung dengan perangkat yang dioperasikan. Sama seperti keyboard wireless, mouse wireless juga menggunakan USB receiver atau koneksi bluetooth/wifi untuk bisa terkoneksi dengan perangkat yang ingin dioperasikan.

You may also like

Leave a Comment