Home Website 5 Jenis Backlink untuk SEO Off-page

5 Jenis Backlink untuk SEO Off-page

by TendaTekno

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis backlink untuk SEO off-page. Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel “Apa Itu SEO?” bahwa jenis-jenis dari SEO adalah SEO on-page dan SEO off-page. Jadi, SEO off-page adalah langkah optimasi search engine di luar website itu sendiri.

Tujuan utama dari SEO off-page adalah untuk membangun reputasi domain sehingga nilai domain authority dari sebuah website dapat meningkat. Apabila domain authority meningkat, maka untuk masuk ke halaman satu Google akan menjadi lebih mudah.

backlink untuk seo off page
(aset: freepik.com/vectorjuice)

Dofollow vs Nofollow Backlink

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang jenis-jenis backlink, ada baiknya kita mengetahui perbedaan antara dofollow dan nofollow backlink. Apa itu dofollow backlink? Apa itu nofollow backlink? Mana yang lebih baik? Apa pengaruhnya terhadap website kita? Mari kita bahas satu per satu.

1. Dofollow Backlink

Dofollow backlink merupakan jenis backlink yang memiliki nilai di mata search engine. Jenis backlink yang satu ini sangat bagus untuk menaikkan domain authority dari website kita. Semakin banyak dofollow backlink yang kita miliki, maka semakin mudah website kita untuk masuk ke halaman satu Google.

Backlink jenis inilah yang perlu kita fokuskan untuk dapatkan sebanyak-banyaknya. Namun, kita juga harus perhatikan jenis dofollow backlink apa yang seharusnya didapatkan. Kita akan bahas lebih lanjut di bagian jenis-jenis backlink.

2. Nofollow Backlink

Nofollow backlink merupakan jenis backlink yang tidak memiliki nilai di mata search engine. Backlink ini biasanya digunakan untuk website yang kurang jelas reputasinya. Jadi, daripada memberikan backlink ke website yang kurang jelas reputasinya dan dianggap spam, maka lebih baik menggunakan nofollow backlink.

Namun bukan berarti backlink ini tidak memberikan dampak apapun. Kita tetap akan mendapatkan traffic dari nofollow link apabila seseorang menekan link tersebut. Bahkan dilansir dari moz.com, Google mengubah kebijakan untuk nofollow backlink pada tanggal 1 Maret 2020. Pada beberapa kasus, nofollow backlink dapat digunakan untuk pengindeksan dan berpengaruh untuk peringkat di Google.

Jadi bukan berarti kita harus benar-benar menghindari untuk membangun backlink jenis nofollow, karena untuk saat ini nofollow backlink bisa jadi berpengaruh terhadap peringkat kita di mesin pencari walaupun kemungkinannya kecil.

Kita tidak perlu terlalu fokus untuk membangun nofollow backlink, namun saat kita memiliki kesempatan untuk membuat nofollow backlink maka tidak ada salahnya untuk menambah nofollow backlink.

Jenis-jenis Backlink

1. Contextual Backlink

Yang pertama adalah contextual backlink atau backlink kontekstual. Backlink kontekstual bisa dibilang merupakan backlink dengan kualitas paling bagus dibandingkan dengan jenis backlink lainnya. Hal ini karena backlink ini paling susah untuk didapatkan dan biasanya bersifat dofollow.

Backlink kontekstual dibagi lagi menjadi beberapa macam sesuai dengan jenis website tempat backlink ini berada, yaitu press release backlink, guest post backlink, dan forum backlink.

A. Press Release Backlink

Press release backlink atau backlink jumpa pers adalah contextual backlink yang berada di website portal berita. Jenis backlink ini merupakan jenis contextual backlink paling baik karena biasanya website portal berita memiliki domain authority yang tinggi. Jadi jika Anda mendapatkan contextual backlink (dofollow) dari website portal berita meskipun hanya satu, hal tersebut akan sangat berdampak pada website Anda.

B. Guest Post Backlink

Guest post artinya penulis tamu. Itu artinya Anda menulis sebuah konten di website orang lain. Nantinya backlink akan didapatkan dari konten yang Anda tulis tersebut. Ada dua macam guest post yaitu guest post gratis dan berbayar.

Perjuangan untuk bisa mendapatkan guest post (terutama yang gratis) bisa dibilang gampang-gampang sulit karena pemilik website pastinya menginginkan timbal balik dari backlink yang mereka berikan ke kita dengan artikel yang berkualitas. Apalagi jika sebuah website memiliki domain authority yang tinggi pastinya akan sangat selektif dalam menerima guest post.

C. Forum Backlink

Jenis contextual backlink yang terakhir adalah forum backlink. Forum backlink merupakan jenis contextual backlink yang paling mudah untuk didapatkan. Anda hanya perlu untuk mendaftar ke forum yang ingin Anda dapatkan backlink darinya lalu menulis konten pada forum tersebut.

Forum backlink memiliki kualitas paling rendah di antara jenis contextual backlink yang lainnya. Hal tersebut dikarenakan banyak sekali outbound link yang dibuat oleh para member-nya baik itu ke website yang berkualitas maupun tidak berkualitas sehingga memiliki nilai spam yang tinggi. Oleh karena itu saya sarankan Anda untuk tidak terlalu banyak berfokus pada backlink jenis ini.

2. Comment Backlink

Comment backlink adalah backlink yang didapatkan dengan cara berkomentar di website orang lain. Bisa dibilang bahwa comment backlink merupakan jenis backlink paling mudah untuk didapatkan. Kita hanya perlu untuk berkunjung ke website (biasanya jenis blog) yang menyediakan kolom link website pada form komentarnya, lalu menambahkan komentar di sana.

jenis backlink komentar

Kita akan mendapatkan comment backlink dari website tersebut jika komentar kita disetujui. Kekurangannya adalah comment backlink biasanya (hampir 99,9%) berjenis nofollow sehingga tidak terlalu berdampak pada website kita. Oleh karena itu, tidak perlu terlalu berfokus untuk pada backlink jenis ini.

3. Profile Backlink

Yang ke tiga adalah profile backlink. Profile backlink adalah backlink yang didapatkan dengan membuat profile di sebuah website. Untuk mendapatkan backlink ini juga termasuk mudah, namun prosesnya sedikit lebih membutuhkan usaha dibandingkan dengan comment backlink.

Kita perlu untuk mencari website-website yang menyediakan form link website pada profil penggunanya. Jika sudah ditemukan, maka kita harus daftar terlebih dahulu menjadi pengguna dari layanan website tersebut. Setelah menjadi member, maka kita bisa mengedit profil dan memasukkan link website yang kita miliki.

backlink profile
Contoh form link website di 500px.com

Sama seperti comment backlink, kebanyakan (hampir 99%) profile backlink bersifat nofollow. Beberapa website yang bisa Anda jadikan tempat untuk mendapatkan profile backlink adalah 500px.com, linkedin.com, medium.com, flickr.com, deviantart.com.

4. Social Bookmark Backlink

Social bookmark adalah sebuah website yang biasanya dijadikan tempat oleh para penggunanya untuk mempromosikan website mereka. Konsepnya mirip dengan social media, pengguna dapat membuat status berupa tulisan, gambar, atau videonya. Perbedaannya dengan social media biasa adalah pada social bookmark biasanya terdapat form link pada fitur update statusnya yang biasanya digunakan untuk mengarahkan orang yang melihat status ke informasi yang lebih lengkap.

Nah, link pada status social bookmark tersebut bisa Anda jadikan sebagai penambah backlink website yang Anda miliki. Tidak hanya sebagai penambah backlink saja, jika status Anda di social bookmark menjadi viral, website Anda akan mendapatkan banyak pengungjung langsung dari status tersebut.

5. Guestbook Backlink

Guestbook artinya buku tamu. Guestbook backlink bisa kita dapatkan dengan menulis guestbook atau buku tamu yang disediakan oleh sebuah website. Backlink jenis ini bisa dibilang sudah ketinggalan jaman karena saat ini sudah sangat sedikit website yang menyediakan fitur guestbook. Guestbook backlink kebanyakan bersifat nofollow. Backlink jenis ini sebaiknya dihindari karena biasanya sudah terlalu banyak spam link yang dibuat oleh para pengunjung lainnya.

You may also like

Leave a Comment