Home Jaringan 3+ Jenis Jaringan Komputer beserta Penjelasannya

3+ Jenis Jaringan Komputer beserta Penjelasannya

by TendaTekno

Apa itu jaringan komputer? Jaringan komputer adalah sebuah jaringan telekomunikasi yang dapat membuat komunikasi antar komputer dengan adanya pertukaran data. Biasanya pada sebuah jaringan komputer terdapat banyak komputer yang terhubung satu sama lain. Supaya dapat membentuk sebuah jaringan sederhana, masing-masing komputer harus memiliki sebuah kartu jaringan yang dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel untuk menciptakan pertukaran data.

Jaringan komputer memiliki banyak jenis. Jenis-jenis jaringan komputer ini dibagi berdasarkan geografis, fungsi, topologi, dan transmisi data. Mari kita bahas jenis-jenis jaringan komputer satu per satu.

Jenis jaringan komputer
(foto: pexels.com)

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Geografis

A. Local Area Network (LAN)

Local Area Network atau biasa disingkat LAN merupakan jaringan komputer paling kecil di antara lainnya. Biasanya cakupan dari LAN adalah satu area atau tempat seperti rumah, kantor, sekolah, dan universitas. Radius area LAN pada umumnya berkisar 1 sampai 10 kilometer.

Dengan menggunakan jaringan komputer LAN, pertukaran data antar komputer menjadi lebih cepat dibandingkan harus mengandalkan koneksi internet yang terkadang tidak stabil. Selain itu, jaringan LAN dapat menghemat biaya operasional karena sebuah perangkat seperti printer, scanner, dan sebagainya dapat digunakan secara bersamaan oleh beberapa komputer sekaligus.

B. Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network atau biasa disingkat MAN merupakan sebuah jaringan komputer yang memiliki cakupan area setingkat di atas LAN. Jangkauan area yang dimiliki oleh jaringan MAN pada umumnya adalah 10 – 50 kilometer.

Dengan cakupan lebih luas, MAN biasanya digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer antar sekolah, kantor, kampus, supermarket dan lain-lain. Jadi, jaringan ini sangat cocok untuk kantor, sekolah, supermarket, dan sebagainya yang memiliki banyak cabang di berbagai tempat.

C. Campus Area Network (CAN)

Campus Area Network atau biasa disingkat CAN, sesuai namanya, merupakan jaringan komputer yang berada pada wilayah universitas atau sekolah. Jangkauan area dari CAN lebih luas dibandingkan dengan LAN, akan tetapi pada umumnya jangkauan area tidak sampai sebesar MAN. Tujuan dari dibandunnya Campus Area Network adalah untuk memperoleh keamanan dan kecepatan dalam pertukaran data yang mendukung aktivitas akademik.

D. Wide Area Network (WAN)

Yang terakhir dari jenis jaringan komputer berdasarkan geografis adalah Wide Area Network atau biasa disingkat dengan WAN. Jaringan komputer ini memiliki cakupan area paling luas dibandingkan dengan LAN, MAN, dan CAN. Jangkauan area dari Wide Area Network adalah lebih dari 50 kilometer.

Dengan jangkauan area yang sangat luas, jaringan WAN sangat rentan terserang data-data jahat seperti virus, malware, dan lain-lain. Oleh karena itu diperlukan perlindungan yang baik dari teknologi firewall untuk mencegah data-data yang tidak diinginkan masuk ke dalam jaringan pribadi. Contoh dari jaringan WAN adalah internet.

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsi

A. Client-server

Jaringan client-server
Jaringan client-server (gambar: wikipedia.org)

Pada jaringan komputer client-server terdapat setidaknya satu atau lebih komputer yang bertindak sebagai server sedangkan komputer lainnya merupakan client. Request atau permintaan layanan aplikasi atau data akan dikirim ke server terlebih dahulu, lalu kemudian server tersebut akan mengatur permintaan yang masuk dari berbagai komputer client.

Biasanya komputer server memiliki spesifikasi yang lebih baik dibandingkan dengan komputer client karena komputer server memiliki tugas yang lebih banyak.

B. Peer-to-peer

Jaringan peer-to-peer
Jaringan peer-to-peer (gambar: wikipedia.org)

Berbeda dengan client-server, jaringan peer-to-peer merupakan jaringan di mana setiap komputer memiliki kedudukan yang sama. Jadi, kontrol pusat dari sebuah server tidak dibutuhkan dalam jaringan peer-to-peer. Pertukaran data atau perintah antar komputer satu dengan komputer lainnya terjadi secara langsung tanpa melewati komputer server terlebih dahulu. Kelebihan dari jaringan ini adalah proses instalasi yang mudah dan tidak memerlukan sistem operasi khusus untuk server.

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi

Topologi jaringan merupakan peta susunan bagaimana sebuah jaringan komputer terbentuk. Pemilihan sebuah topologi jaringan biasanya berdasarkan pada skala jaringan, tujuan, biaya, dan penggunaan. Macam-macam topologi jaringan komputer ada 6, yaitu

  1. Topologi bus
  2. Topologi bintang
  3. Topologi mesh
  4. Topologi cincin
  5. Topologi linier
  6. Topologi pohon

Nama dari setiap topologi yang ada menggambarkan bagaimana kabel dari jaringan terbentuk, contohnya topologi bintang yang kabel dari setiap komputernya apabila disatukan memiliki bentuk seperti bintang. Baca lebih lanjut tentang apa itu topologi jaringan dan macam-macamnya

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Transmisi Data

A. Jaringan Kabel

Jaringan kabel
(foto: pexels.com / Brett Sayles)

Seperti namanya, jaringan kabel adalah jaringan yang memerlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer.

Kelebihan dari jaringan kabel adalah memiliki kinerja yang lebih stabil dan keamanan yang lebih baik apabila dibandingkan dengan jaringan nirkabel.

Kekurangan dari jaringan kabel adalah instalasi yang lebih rumit dan perangkat tidak mudah untuk dipindah-pindah.

B. Jaringan Nirkabel

Jaringan nirkabel adalah jaringan yang tidak memerlukan kabel antar perangkat untuk dapat terhubung.

Kelebihan dari jaringan nirkabel adalah tidak memerlukan kabel fisik sehingga perangkat yang terhubung dapat dengan mudah dipindah-pindah.

Kekurangan dari jaringan nirkabel adalah kinerja yang tidak stabil dan keamanan yang lebih rentan apabila dibandingkan dengan jaringan kabel.

You may also like

Leave a Comment