Home Komputer dan Laptop 5 Contoh Output Device dan Penjelasannya

5 Contoh Output Device dan Penjelasannya

by TendaTekno

Output device adalah jenis perangkat keras pada komputer yang berfungsi untuk mengubah data yang ada dalam komputer kepada pengguna dalam bentuk teks, gambar, video dan suara. Output device merupakan sebuah jenis perangkat keras pada komponen komputer. Pada artikel kali ini, kita akan membahas contoh-contoh dari perangkat output device.

1. Monitor

monitor - contoh output device komputer
Monitor komputer (foto: Westinghouse)

Contoh output device yang pertama adalah monitor. Monitor merupakan output device atau perangkat keluaran paling penting dalam komputer. Tanpa adanya monitor, pengguna akan kesulitan untuk memberikan perintah-perintah pada komputer yang dioperasikannya. Monitor berfungsi untuk menampilkan data berupa teks, gambar, dan video. Terdapat beberapa jenis monitor saat ini yaitu CRT, LCD, plasma, LED dan OLED.

2. Speaker

contoh output device - speaker
Speaker komputer (foto: logitech.com)

Output device atau perangkat output yang satu ini sangat diperlukan apabila pengguna ingin bisa mendengarkan audio yang dihasilkan oleh sebuah komputer. Terdapat dua jenis speaker yaitu speaker internal dan speaker eksternal.

Speaker internal merupakan speaker bawaan dari komputer atau laptop itu sendiri, sedangkan speaker eksternal adalah speaker bukan bawaan yang biasanya digunakan untuk menggantikan speaker internal komputer atau laptop karena biasanya kualitas suara yang dimiliki speaker eksternal lebih baik dibandingkan dengan speaker internal.

3. Printer

printer - perangkat output
Printer (gambar: pixabay.com)

Printer merupakan output device yang berfungsi untuk mencetak dokumen digital menjadi dokumen nyata atau analog. Seiring berkembangnya zaman, muncul satu jenis printer baru yaitu printer 3D. Sesuai dengan namanya, printer ini digunakan untuk menghasilkan objek 3D dari model 3D yang sudah dibuat melalui komputer. Jika kalian ingin mengetahui lebih banyak jenis printer komputer bisa menuju artikel → 7 Jenis Printer Komputer

4. Proyektor

proyektor - output device
Proyektor (foto: techradar.com)

Contoh output device yang ke-4 adalah proyektor. Proyektor berfungsi untuk menampilkan tampilan pada monitor menjadi lebih besar dengan cara memancarkan cahaya ke permukaan datar seperti layar atau dinding. Salah satu contoh penggunaan proyektor adalah saat kita menonton bioskop atau melakukan presentasi di depan kelas.

Cara kerja proyektor adalah menggunakan prinsip pembiasan cahaya. Proyektor menghasilkan cahaya melalui LCD yang terdiri 3 panel RGB (Red, Green, Blue). Cahaya yang dipancarkan merupakan pembiasan dari ketiga panel tersebut.

Ada beberapa jenis proyektor yaitu proyektor LCD, proyektor LCOS, proyektor DLP, dan proyektor CRT.

5. Headphone dan Earphone

Headphone - contoh output device
Headphone (foto: pixabay.com)

Contoh output device yang terakhir adalah headphone dan earphone. Headphone dan earphone merupakan sebuah perangkat output yang berfungsi untuk mendengarkan audio secara pribadi. Yang termasuk dalam perangkat output adalah headphone dan earphone itu sendiri, sedangkan mic yang biasanya menyertai headphone dan earphone tidak termasuk ke dalam perangkat output akan tetapi perangkat input.

Perbedaan antara headphone dan earphone hanyalah pada bentuknya saja sedangkan fungsinya sama. Jika headphone menutup seluruh telinga sedangkan earphone hanya menutup lubang telinga saja.

You may also like

Leave a Comment