Home Komputer dan Laptop 7+ Contoh Input Device (Perangkat Input) dan Penjelasannya

7+ Contoh Input Device (Perangkat Input) dan Penjelasannya

by TendaTekno

Perangkat input atau input device merupakan perangkat masukan yang ada pada komputer dan termasuk dalam perangkat keras pada satu-kesatuan komponen komputer. Fungsi dari input device adalah memasukkan perintah dari apa yang pengguna komputer (brainware) lakukan. Contoh input device adalah sebagai berikut

1. Mouse

contoh input device - mouse
Mouse (foto: logitech.com)

Pada personal computer (PC) perangkat yang satu ini sangat penting untuk bisa memberikan perintah pada program-program yang ada dari sebuah kursor. Beda halnya dengan notebook atau netbook yang tidak terlalu membutuhkan mouse karena sudah tersedia touchpad.

Pada mouse biasanya terdapat 2 tombol yang mana satu tombol berfungsi untuk memberikan perintah utama dan tombol satunya lagi untuk memberikan perintah opsional. Selain 2 tombol tersebut, terdapat juga scroll wheel yang berada di antara 2 tombol tersebut. Fungsi dari scroll wheel adalah menggerakkan halaman layar ke atas dan ke bawah.

2. Keyboard

contoh perangkat input - keyboard
Keyboard Komputer (foto: logitech.com)

Biasanya perangkat input yang satu ini menjadi satu paket dengan mouse pada komputer personal karena keberadaannya yang sama-sama penting. Keyboard pada komputer berfungsi untuk memasukkan data atau perintah berupa tulisan dan kombinasi dari tombol-tombol yang ada.

Fungsi dari perangkat input yang satu ini sangat terasa sekali saat kita membuat sebuah dokumen. Jadi walaupun keberadaan keyboard bisa digantikan oleh keyboard virtual, namun kecepatan pembuatan dokumen akan menjadi jauh lebih cepat apabila menggunakan keyboard fisik.

3. Scanner

scanner komputer
Scanner Epson (foto: epson.co.id)

Perangkat input yang satu ini berfungsi untuk mengubah sebuah dokumen nyata menjadi dokumen digital. Sebuah dokumen dipindai menggunakan sensor cahaya yang ada di dalamnya. Sensor tersebut mendeteksi struktur dari dokumen yang dipindai lalu dilanjutkan ke komputer dalam bentuk digital. Ada banyak jenis scanner yang biasa digunakan untuk memindai sebuah dokumen seperti scanner drum, scanner flatbed, scanner roller, dll.

4. Touchpad

input device - touch pad
Touchpad laptop (foto: tech-recipes.com)

Touchpad merupakan input device yang memiliki fungsi sama seperti mouse yaitu untuk memberikan perintah dari sebuah kursor. Touchpad biasanya ada pada laptop. Cara mengoperasikannya berbeda dengan mouse. Jika mouse dioperasikan dengan cara menggerakkan tangan kita, maka touchpad dioperasikan dengan cara menggeserkan jari kita pada permukaan touchpad.

Untuk kenyamanan penggunaan, kebanyakan orang merasa lebih nyaman menggunakan mouse karena dapat menggerakkan kursor dengan lebih cepat dan presisi. Karena itulah masih banyak orang yang menggunakan mouse pada laptop meskipun sudah ada touchpad di dalamnya.

5. Stylus Pen

stylus pen merek lenovo
Stylus Pen (foto: harveynorman.com.au)

Stylus pen merupakan input device berbentuk pulpen yang berfungsi untuk menggambar pada monitor layar sentuh. Jadi perangkat input yang satu ini tidak bisa digunakan pada monitor yang bukan layar sentuh. Meskipun layar touch screen sudah bisa diperintah dengan jari, penggunaan stylus pen biasanya digunakan untuk memudahkan pengguna menggambar atau membuat tanda tangan pada layar sentuh. Terdapat dua jenis stylus pen yaitu active dan capacitive.

6. Microphone

Microphone untuk input suara
Microphone (foto: pinterest.com)

Microphone (mikrofon) berfungsi menangkap suara dan mengirimkannya ke dalam komputer dalam bentuk digital. Apabila sebuah suara sudah diubah menjadi format digital, maka suara yang terekam dapat diputar berulang-ulang, di-edit, dan di-upload ke internet. Microphone biasanya juga digunakan untuk mengirim suara secara langsung saat melakukan video chat atau audio stream.

7. Joystick

Joystick merek logitech sebagai perangkat input
Joystick Logitech (foto: logitechg.com)

Joystick biasanya digunakan untuk bermain game di komputer. Dengan keberadaan joystick, karakter pada game menjadi lebih mudah untuk dikontrol. Bentuk joystick juga bermacam-macam. Ada joystick yang berbentuk konsol game pada umumnya, berbentuk stir pesawat, berbentuk stir mobil beserta kelengkapan lainnya.

8. Kamera Digital

Kamera digital sebagai input device
Kamera digital (foto: sony.co.id)

Kamera digital merupakan alat elektronik yang digunakan untuk menangkap foto dan video secara mandiri. Setelah itu foto dan video yang sudah ditangkap dapat ditransfer ke komputer dengan cara menghubungkan kamera secara langsung menggunakan kabel atau melepas terlebih dahulu memori yang ada di dalam kamera baru kemudian memasukkannya ke dalam komputer. Ada berbagai jenis kamera digital seperti DSLR, mirrorless, kamera 360 derajat, dan masih banyak lagi.

9. Webcam

input device - webcam
Webcam (foto: pixabay.com)

Webcam merupakan input device yang biasanya digunakan untuk video live stream atau video chat. Berbeda dengan kamera digital, webcam tidak bisa digunakan secara mandiri tanpa komputer dan tidak memiliki memori bawaan. Jadi video atau foto yang ditangkap dari webcam langsung dikirimkan ke dalam komputer dan disimpan dalam memori komputer. Jenis-jenis webcam dibedakan berdasarkan port yang digunakan yaitu serial webcam, USB webcam, firewire webcam, dan wireless webcam.

You may also like

Leave a Comment