Home Komputer dan Laptop Apa itu Webcam? Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenis Webcam

Apa itu Webcam? Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenis Webcam

by TendaTekno

Apa itu webcam? Webcam merupakan singkatan dari web camera. Webcam merupakan input device yang memiliki fungsi mirip seperti kamera yaitu menangkap sebuah objek dan mengubahnya ke dalam bentuk digital. Yang membedakannya dengan kamera adalah webcam tidak memiliki memori bawaan sehingga harus disambungkan dengan komputer atau laptop untuk bisa digunakan.

Fungsi Webcam

apa itu webcam? fungsi webcam
(gambar: pixabay.com)

Fungsi dari webcam biasanya digunakan untuk hal-hal berikut ini

1. Kegiatan Belajar Mengajar Online

Semenjak adanya pandemi Covid-19, kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun universitas secara offline dihentikan demi mencegah penularan virus. Sebagai gantinya, kegiatan belajar diganti melalui online. Aplikasi-aplikasi video conferencing langsung naik daun, salah satunya adalah aplikasi bernama Zoom. Dengan menggunakan aplikasi ini, guru dan para murid dapat bertatap muka bersama-sama dalam waktu bersamaan.

Dengan adanya aplikasi video conferencing, para guru dapat mengawasi murid-muridnya selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Dengan begitu, para guru dapat memastikan bahwa murid-muridnya hadir dalam kegiatan belajar mengajar. Aplikasi ini juga sangat berguna untuk melakukan presentasi secara online dan pertanyaan dapat diajukan secara langsung atau melalui fitur chat yang tersedia.

2. Rapat Online

Selain kegiatan belajar mengajar, kegiatan rapat yang biasanya dilakukan secara offline juga digantikan melalui online. Aplikasi video conferencing sendiri sebelum adanya pandemi sudah biasa digunakan untuk melakukan rapat secara online, sedangkan baru populer digunakan untuk kegiatan belajar mengajar semenjak adanya pandemi. Dari nama aplikasinya pun yaitu video conferencing yang berarti video konferensi sudah dapat dipastikan bahwa aplikasi-aplikasi semacam ini pada awalnya digunakan untuk rapat online.

3. Sarana Komunikasi Dua Arah

Fungsi webcam yang paling umum bahkan sudah sering digunakan sebelum adanya pandemi adalah untuk komunikasi dua arah. Salah satu aplikasi populer yang digunakan untuk melakukan video chat dua arah menggunakan webcam adalah Skype.

Aplikasi Skype banyak dipakai oleh perusahaan untuk melakukan interview kepada calon karyawan. Dengan begitu, calon karyawan yang berada di luar kota atau bahkan luar negeri tidak perlu menghabiskan uang mereka untuk ongkos transportasi saat akan melakukan interview.

Jenis-jenis Webcam

A. Serial Webcam

Sesuai dengan namanya, serial webcam merupakan webcam yang menggunakan port atau sambungan serial. Serial port merupakan jenis port atau sambungan yang mana masuk dan keluarnya transfer data terjadi secara berurutan satu bit pada satu waktu. Sama seperti mouse dan keyboard serial, webcam serial juga sudah tidak digunakan lagi saat ini karena teknologi port yang sudah usang dan tergantikan oleh yang lebih baru seperti USB.

B. USB Webcam

jenis webcam USB
USB Webcam (foto: wikimedia.org)

USB webcam merupakan webcam yang menggunakan USB port. USB port merupakan sambungan yang masih banyak digunakan pada saat ini meskipun sudah mulai tersaingi dengan teknologi wireless. Keunggulan dari USB port adalah memiliki kecepatan transfer data lebih cepat dibandingkan dengan serial port dan masih kompatibel dengan banyak perangkat.

USB port memiliki kecepatan transfer data yang sangat tinggi. USB 2.0 memiliki kecepatan mencapai 480Mbps dan USB 3.0 memiliki kecepatan 4.8Gbps. Selain itu, terdapat juga versi terbaru USB yaitu USB4 yang memiliki kecepatan transfer data mencapai 40Gbps

C. Firewire Webcam (IEEE-1394 Webcam)

Jenis webcam yang ke-3 adalah firewire webcam. Firewire merupakan merek dagang miliki Apple dan menjadi nama yang paling dikenal untuk standar port seri IEEE-1394. Sedangkan Sony memberi nama i.Link sebagai merek dagang mereka untuk port seri IEEE-1394. Port ini adalah dapat mengirim data dalam kecepatan tinggi hingga 400Mbps.

Sama seperti USB, IEEE-1394 juga memiliki fitur hot-swapping yaitu fitur yang memungkinkan perangkat dipasang dan dilepas tanpa harus mematikan komputer terlebih dahulu. Sebelum adanya USB 2.0, port ini banyak digunakan mengingat kecepatan tinggi dalam transfer data yang ditawarkan pada saat itu.

D. Wireless Webcam

wireless webcam logitech
Logitech Wireless Webcam (foto: logitech.com)

Jenis webcam yang terakhir adalah wireless webcam. Sesuai dengan namanya, webcam ini merupakan webcam yang tidak menggunakan kabel untuk bisa tersambung dengan perangkat komputer. Dengan begitu pengguna tidak perlu sibuk untuk merapikan kabel saat penggunaan webcam ini.

You may also like

Leave a Comment