Home Komputer dan Laptop Apa itu VGA? Inilah Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenis VGA

Apa itu VGA? Inilah Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenis VGA

by TendaTekno

Apa itu VGA? VGA adalah singkatan dari Video Graphics Array. VGA merupakan salah satu komponen pada komputer yang bertugas untuk menerjemahkan sebuah output komputer ke monitor. VGA juga sering disebut dengan video card, display card, graphics card, graphics adapter dan masih banyak lagi.

Fungsi VGA adalah menjadikan tampilan layar lebih jernih, menunjang komputer untuk bermain game dengan grafik tinggi, menunjang aktivitas 2D, 3D, dan masih banyak lagi. Yang pasti, fungsi utama dari VGA adalah membuat komputer dapat menyajikan tampilan layar yang lebih tajam dan jernih. Semakin tinggi spesifikasi dari sebuah VGA, maka akan semakin bagus gambar yang ditampilkan layar.

Jenis-jenis VGA berdasarkan Memori yang Digunakan

Jenis-jenis VGA dibagi menjadi tiga. Yang pertama adalah berdasarkan memori yang digunakan. Yang kedua adalah berdasarkan arsitektur sistem I/O bus yang digunakan. Yang ketiga adalah berdasarkan cara penggunaan.

Kita akan bahas terlebih dahulu menurut memori yang digunakan. Jenis-jenis memory yang digunakan dalam VGA ini sebagian besar sudah dibahas pada artikel macam-macam RAM. Apa saja jenis RAM yang digunakan pada VGA? Ini dia daftarnya

1. EDO RAM

EDO RAM
EDO RAM (foto: wikimedia.org)

EDO RAM merupakan salah satu jenis Dynamic RAM. EDO RAM mempunyai kecepatan 25% lebih cepat dibandingkan dengan DRAM pada umumnya. EDO RAM pertama kali ditemukan di tahun 1990-an oleh Micron Technology. Kartu VGA yang menggunakan EDO RAM memiliki kecepatan 60 sampai 35 ns. Biasanya EDO RAM digunakan pada VGA 64 bit.

2. VRAM

VRAM merupakan singkatan dari Video RAM. Dari namanya sudah jelas bahwa RAM jenis ini memang ditujukan untuk penggunaan pengolahan grafik yang mana VGA memiliki peran dominan dalam hal ini. VRAM dikembangkan pertama kali pada tahun 1980 oleh F. Dill, D. Ling dan R. Matick di IBM Research dan diperkenalkan untuk penggunaan komersial pada tahun 1986. VGA yang menggunakan VRAM memiliki kecepatan 20 sampai 10 ns. Biasanya VRAM digunakan pada VGA kelas atas.

3. SGRAM

SGRAM merupakan singkatan dari Synchronous Graphic RAM. Sama seperti VRAM, dari namanya kita bisa simpulkan bahwa SGRAM merupakan RAM yang dikhususkan untuk VGA. SGRAM pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994. Device yang dikomersialkan pertama kali yang menggunakan SGRAM adalah konsol video game PlayStation.

VGA yang menggunakan SGRAM memiliki kecepatan di bawah 10 ns. SGRAM biasanya digunakan pada VGA kelas tinggi yang memiliki kemampuan 3D accelerator. Generasi lanjutan dari SGRAM adalah GDDR2, GDDR3, GDDR5, GDDR5X, GDDR6 dan yang terakhir adalah GDDR6X yang digunakan pada GeForce RTX 3080.

4. RDRAM

RDRAM merupakan singkatan dari Rambus RAM. RAM jenis ini dikembangkan oleh perusahaan bermana Rambus pada tahun 1990-an sampai awal 2000-an. VGA yang menggunakan RDRAM tergolong sedikit.

Jenis-jenis VGA berdasarkan Arsitektur Sistem I/O Bus yang Digunakan

1. VGA ISA

ISA merupakan singkatan dari Industry Standard Architecture. Biasanya bus ini digunakan pada kartu VGA yang memiliki sistem I/O 8-bit atau 16-bit. Slot ekspansi ISA bus pertama kali diperkenalkan pada tahun 1981 dengan sistem I/O 8-bit. Untuk slot ekspansi ISA BUS dengan sistem I/O 16-bit diperkenalkan pada tahun 1984.

2. VGA EISA

Apa itu VGA? - VGA EISA
VGA EISA (foto: wikimedia.org)

EISA merupakan teknologi slot ekspansi lanjutan dari ISA. EISA merupakan singkatan dari Extended Industry Standard Architecture. Bus ini digunakan pada kartu VGA dengan sistem I/O 32-bit. Teknologi slot ekspansi ini pertama kali dikeluarkan oleh “Gang of Nine” pada tahun 1988 dengan kecepatan clock sebesar 8,33MHz dan kecepatan transfer mencapai 32MB/s.

3. VGA PCI

Slot PCI merupakan generasi pertama dari slot PCIe yang dipakai pada VGA zaman sekarang. PCI merupakan singkatan dari Peripheral Component Interconnect. Slot ekspansi ini digunakan pada kartu VGA bersistem I/O 32-bit atau 64-bit. Teknologi slot ekspansi ini pertama kali digunakan pada tahun 1993.

4. VGA AGP

AGP merupakan singkatan dari Accelerated Graphics Port. Slot ini biasa digunakan pada kartu VGA bersistem I/O 128-bit atau 256-bit.

5. VGA PCIe

Slot PCIe
Slot PCIe (foto: wikimedia.org)

PCIe merupakan generasi lanjutan dari PCI. Kepanjangan dari PCIe adalah Peripheral Component Interconnect Express. Kecepatan transfer dari VGA PCI Express dapat mencapai 32GB/s. Slot ini merupakan slot yang digunakan VGA-VGA yang ada di pasaran saat ini. Teknologi slot ekspansi PCIe bus pertama kali digunakan pada tahun 2004.

Jenis-jenis VGA berdasarkan Cara Penggunaan

1. VGA On-board

VGA jenis ini biasanya digunakan pada komputer atau laptop dengan spesifikasi standar dan sudah tertanam pada motherboard dan tidak dapat diganti. VGA ini merupakan VGA bawaan yang berfungsi untuk menampilkan aplikasi yang ringan seperti aplikasi edit dokumen, browser dan aktivitas ringan lainnya.

2. VGA Off-board atau Add-on

VGA Off-board
AORUS GTX 1070 Gaming Box (foto: gigabyte.com)

VGA jenis ini biasanya ada pada komputer atau laptop kelas atas yang dipakai menunjang untuk aktivitas berat seperti bermain game atau editing. Fungsinya adalah membantu kinerja VGA bawaan supaya bekerja lebih maksimal. VGA ini dapat diganti dengan VGA lain karena tidak tertanam pada motherboard.

You may also like

Leave a Comment