Home Website Apa Itu SSL? Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan 3 Macam SSL

Apa Itu SSL? Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan 3 Macam SSL

by TendaTekno

Apa itu SSL? SSL adalah singkatan dari Secure Sockets Layer yaitu sebuah teknologi standar yang berfungsi untuk menjaga agar koneksi internet tetap aman. SSL melindungi data sensitif yang dikirim antar dua sistem sehingga orang yang tidak berkepentingan tidak dapat melihat dan mengubah data tersebut. SSL menggunakan algoritma enkripsi untuk mengacak isi data yang berada dalam perjalanan untuk mencegah hacker dapat membaca isi data tersebut.

Apa Perbedaan SSL dengan TLS? TLS merupakan teknologi lebih baru dan lebih aman dibandingkan SSL. TLS adalah singkatan dari Transport Layer Security. Meskipun TLS merupakan teknologi yang lebih baru dibandingkan SSL, namun sampai saat ini teknologi SSL masih lebih dikenal dibandingkan dengan teknologi TLS. Maka dari itu kebanyakan penyedia sertifikat keamanan website biasanya menuliskan “SSL/TLS” pada layanan yang mereka tawarkan.

apa itu ssl?
SSL (gambar: pixabay.com)

Fungsi dan Manfaat SSL

A. Melindungi Data Pengguna Website

Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa fungsi utama dari penggunaan SSL pada website adalah untuk melindungi data pengguna. Dengan adanya SSL, data yang dikirim antar dua sistem akan diacak sehingga hacker tidak akan bisa membaca data tersebut.

B. Meningkatkan Reputasi Website

Dengan terjaminnya data pengguna, maka reputasi dari website yang menggunakan SSL otomatis akan meningkat. Semakin tinggi tingkat keamanan SSL yang dipasang pada suatu website, maka akan semakin tinggi kepercayaan pengguna dalam menggunakan website tersebut.

C. Bagus untuk SEO

Selain meningkatnya reputasi di mata pengguna, ternyata penggunaan SSL juga meningkatkan reputasi di mata Google. Penggunaan SSL dapat meningkatkan nilai SEO pada website karena Google lebih mengutamakan website-website yang menggunakan SSL daripada yang belum.

Jadi, jika website Anda belum memiliki SSL, saya sarankan Anda untuk segera memasangnya. Paling tidak Anda memasang SSL yang gratis apabila belum ingin keluar biaya. Anda bisa menggunakan SSL gratis bernama Let’s Encrypt seperti yang digunakan pada website ini.

Macam-macam SSL/TLS

macam-macam ssl

Terdapat 3 macam sertifikat SSL/TLS yaitu Domain Validated (DV) Certificate, Organization Validation (OV) Certificate, dan Extended Validation (EV) Certificate. Masing-masing sertifikat SSL/TLS tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda.

1. Domain Validated (DV)

Jenis sertifikat SSL yang pertama adalah Domain Validated (DV). Jenis sertifikat yang satu ini merupakan level terendah dari sertifikat yang lainnya. Sertifikat ini menyediakan enkripsi tingkat dasar namun dapat diandalkan. Entitas anonim (tanpa nama) bisa mendapatkan sertifikat ini. Sertifikat DV bisa didapatkan melalui penyedia SSL/TLS gratis.

Proses untuk mendapatkannya pun tidaklah sulit. Pemilik domain hanya memerlukan akses kontrol dari website yang dimilikinya dan tidak perlu untuk verifikasi identitas lengkap kepada penyedia layanan SSL/TLS.

2. Organization Validation (OV)

Sertifikat SSL/TLS tingkat selanjutnya adalah sertifikat OV (Organization Validation). Seperti namanya, sertifikat jenis ini merupakan sertifikat untuk sebuah organisasi. Sertifikat OV sangat cocok untuk sebuah bisnis atau organisasi dengan anggaran yang masih terbatas. Syarat yang diperlukan untuk mendapatkan sertifikat SSL ini adalah memiliki kontrol domain, identitas nama organisasi, kota, dan negara.

3. Extended Validation (EV)

Yang terakhir adalah sertifikat Extended Validated (EV) yang merupakan sertifikat SSL paling tinggi. Selain harganya yang paling mahal, kelengkapan dokumen juga paling banyak dibutuhkan pada sertifikat EV. Beberapa persyaratan yang diperlukan adalah umur dari umur perusahaan sudah lebih dari 2 tahun, dokumen lengkap perusahaan, rekening koran perusahaan, dan masih banyak lagi.

Sertifikat SSL ini dianjurkan digunakan pada website perusahaan besar dengan trafik tinggi seperti toko online, sosial media, dompet digital, dan lain-lain.

You may also like

Leave a Comment