Home Website Apa Itu SEO? Pengertian dan Jenis-jenis Teknik SEO

Apa Itu SEO? Pengertian dan Jenis-jenis Teknik SEO

by TendaTekno

Pada artikel ini kita akan membahas tentang apa itu SEO. SEO adalah sebuah teknik bagi website yang ingin mendapatkan organic traffic. Perlu diketahui bahwa yang paling penting bagi sebuah website adalah domain dan hosting. Dengan adanya domain dan hosting, sebuah website menjadi mudah untuk diakses oleh orang lain.

Keberadaan SEO bagi sebuah website bisa dibilang penting tidak penting. Jika sebuah website dibuat hanya untuk diakses oleh kalangan internal saja, maka SEO menjadi tidak begitu penting, sedangkan jika ingin dikunjungi oleh banyak orang dari banyak kalangan, maka keberadaan teknik SEO ini sangat diperlukan.

apa itu SEO?
(foto: pixabay.com)

Pengertian SEO

Apa itu SEO? SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yaitu sebuah teknik optimasi agar sebuah website dapat muncul di halaman pertama Google. Dengan begitu, website yang sudah dioptimasi tersebut akan mendapatkan organic traffic dari pengunjung yang datang melalui mesin pencari Google. Sebelum membahas lebih dalam, kita perlu tahu dulu apa itu organic traffic dan paid traffic.

– Organic Traffic

Organic traffic adalah traffic yang datang secara alami, biasanya datang dari hasil pencarian atau rekomendasi. Untuk mendapatkan organic traffic, Anda tidak perlu untuk membayar sepeser pun ke penyedia layanan untuk mendapatkannya, namun Anda harus melakukan upaya yang besar untuk bisa mendapatkan banyak traffic dari jenis traffic ini.

Salah satu upaya untuk mendapatkan organic traffic adalah dengan menggunakan teknik SEO supaya website kita bisa muncul di halaman pertama pencarian Google.

pengertian SEO
(foto: pixabay.com)

– Paid Traffic

Paid traffic merupakan kebalikan dari organic traffic. Bisa dilihat dari namanya bahwa diperlukan sejumlah biaya untuk mendapatkan traffic. Kelebihannya adalah usaha yang dibutuhkan untuk mendapatkan paid traffic jauh lebih mudah dibandingkan dengan organic traffic. Contoh dari paid traffic bisa Anda lihat di bagian atas dari hasil pencarian Google yang memiliki label “Ad”, iklan di Facebook, iklan di Instagram, dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis Teknik SEO

Secara garis besar, teknik SEO terbagi menjadi 2 yaitu SEO on page dan SEO off page. SEO on page merupakan teknik SEO yang dilakukan di dalam website itu sendiri, sedangkan SEO off page merupakan teknik SEO yang dilakukan di luar website. Mari kita bahas lebih dalam apa itu SEO on page dan off page.

1. SEO On-page

SEO on-page adalah teknik SEO yang dilakukan di website itu sendiri. Tujuannya adalah supaya sebuah website mendapatkan penilaian yang baik di mata Google sehingga lebih mudah untuk masuk ke halaman satu Google. Jika diibaratkan sebuah toko, maka yang ditingkatkan adalah toko itu sendiri seperti desain toko, pencahayaan, desain interior maupun exterior, pelayanan, dan lain-lainnya sehingga pengunjung menjadi lebih tertarik untuk berkunjung.

Pada website, faktor yang diperhatikan untuk optimasi SEO on-page di antaranya adalah

  • Judul artikel
  • Media pada artikel
  • Permalink
  • Internal dan eksternal link
  • Kecepatan website
  • AMP untuk mobile
  • Penggunaan SSL

2. SEO Off-page

Jika SEO on-page dilakukan di dalam website itu sendiri, maka SEO off-page dilakukan di luar website. Jika diibaratkan sebuah toko, maka yang diperhatikan adalah cara berpromosi. Semakin banyak orang yang mengetahui dan semakin bagus reputasi sebuah toko, maka akan semakin banyak orang yang berkunjung ke toko tersebut.

Pada website, yang perlu ditingkatkan untuk SEO off-page adalah backlink dari website lain. Pastinya backlink yang dicari tidak hanya mengejar kuantitas saja namun juga kualitas juga.

You may also like

Leave a Comment