Home Komputer dan Laptop Apa Itu RAM? Ini Dia Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenis RAM

Apa Itu RAM? Ini Dia Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenis RAM

by TendaTekno
apa itu ram?
Random Access Memory (foto: pixabay.com)

Apa itu RAM? RAM adalah sebuah hardware baik di komputer, laptop maupun ponsel yang berfungsi untuk menyimpan data dari aplikasi yang bersifat sementara. Kepanjangan RAM adalah Random Access Memory. Dikarenakan data yang disimpan pada RAM bersifat sementara, maka data tersebut akan hilang saat sebuah komputer dimatikan. RAM termasuk dalam process device pada rangkaian komponen komputer.

Semakin besar kapasitas RAM, maka semakin banyak aplikasi yang mampu dijalankan secara bersamaan. Karena itulah kapasitas RAM merupakan salah satu komponen yang sering menjadi pertimbangan saat membeli sebuah komputer atau smartphone.

Fungsi RAM

Kingston Fury Beast
Kingston Fury Beast

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa semakin besar kapasitas RAM dari sebuah perangkat teknologi maka semakin banyak aplikasi yang bisa dijalankan pada saat bersamaan. Dari sini bisa disimpulkan adalah bahwa fungsi utama dari sebuah RAM adalah menyimpan data sementara dari berbagai aplikasi yang sedang dijalankan.

Jenis-jenis RAM

Secara garis besar, RAM dibagi menjadi 2 jenis, yaitu SRAM dan DRAM. Apa sih perbedaan dari kedua jenis RAM tersebut?

1. Static RAM (SRAM)

SRAM merupakan singkatan dari Static Random Access Memory. SRAM ditemukan pada tahun 1966. Kelebihan SRAM adalah lebih cepat dan lebih hemat tenaga apabila dibandingkan dengan DRAM. Salah satu jenis RAM yang masuk ke dalam jenis ini adalah DDR RAM yang digunakan pada laptop dan komputer terbaru.

2. Dynamic RAM (DRAM)

Yang kedua adalah Dynamic RAM atau disingkat DRAM. Jenis RAM ini merupakan RAM yang umum digunakan pada komputer-komputer generasi paling awal sekitar tahun 1970an. Kelebihan dari DRAM adalah dapat menampung data lebih banyak dibandingkan dengan SRAM.

Macam-macam Static RAM

SRAM (Static RAM) menyajikan akses data yang lebih cepat dibandingkan dengan DRAM, namun memiliki harga yang lebih mahal. Tidak seperti DRAM, SRAM tidak harus di-refresh secara berkala. SRAM digunakan untuk menyimpan cache memory pada komputer atau laptop. Macam-macam tipe SRAM adalah sebagai berikut

1. SDRAM

SDRAM merupakan singkatan dari Synchronous Dynamic Random Access Memory. SDRAM digunakan pada komputer-komputer di tahun 1996-2003.

Kecepatan awal dari SDRAM adalah 66MHz yang digunakan bersama dengan prosesor Intel Pentium Pro, MMX dan Pentium II. Lalu kecepatannya ditingkatkan lagi menjadi 100MHz yang digunakan bersama dengan prosesor Intel Pentium III atau AMD Athlon.

Yang terakhir kecepatannya ditingkatkan lagi hingga 133MHz yang digunakan bersama dengan prosesor Intel Pentium 4 atau AMD Athlon/Duron).

2. DDR

RAM DDR4 Vengeance

DDR merupakan singkatan dari Double Data Rate. DDR pertam kali dikomersialkan pada tahun 1998 dan menjadikan popularitas dari SDRAM menjadi turun. DDR memiliki kemampuan transfer dua kali lipat dibandingkan dengan SDRAM. Selain itu, DDR juga memperkenalkan mekanisme refresh, memiliki konsumsi daya lebih rendah dan terdapat tambahan fungsi keamanan seperti CRC.

Mungkin Anda sering memperhatikan berbagai macam DDR RAM seperti DDR, DDR2, DDR3 dan DDR4 pada saat membaca spesifikasi pada komputer atau laptop. Angka-angka tersebut menunjukkan generasi dari sebuah DDR RAM. Semakin tinggi angkanya semakin baru generasinya.

Macam-macam Dynamic RAM

DRAM (Dynamic Random Access Memory) merupakan tipe memori semikonduktor yang biasa digunakan untuk data atau program. DRAM memiliki struktur sirkuit yang lebih rumit dan kegunaan yang lebih luas dibandingkan dengan SRAM. DRAM biasanya digunakan salah satunya pada graphic card atau VGA. Macam-macam tipe dari DRAM adalah

1. MDRAM

MDRAM merupakan singkatan dari Multibank Dynamic RAM yang merupakan salah satu jenis VRAM modern berkinerja tinggi. MDRAM merupakan DRAM khusus yang dikembangkan oleh MoSys. RAM ini diciptakan dari memory bank kecil sebesar 256 kB yang menyediakan bandwidth dengan biaya lebih rendah dibandingkan dengan memori seperti SRAM. MDRAM biasanya digunakan pada graphic card.

2. VRAM

VRAM merupakan singkatan dari Video RAM yang berguna untuk menyimpan data gambar untuk dikirimkan ke display layar monitor. Apabila RAM pada umumnya menyimpan data CPU, makan VRAM digunakan untuk menyimpan data dari GPU. VRAM ditemukan oleh F. Dill, D. Ling dan R. Matrick pada penelitian IBM tahun 1980 dengan paten yang dikeluarkan tahun 1985.

3. EDRAM

EDRAM merupakan singkatan dari Enhanced DRAM, yang artinya EDRAM merupakan versi DRAM yang sudah ditingkatkan. EDRAM menggabungkan SRAM dan DRAM untuk menyajikan cache level 2. Biasanya 256 bytes SRAM dipasangkan dengan DRAM. Operasi read pada data memeriksa SRAM terlebih dahulu pada data yang diminta kemudian data yang tidak tersimpan di SRAM diteruskan ke DRAM.

4. WRAM

WRAM merupakan singkatan dari Window RAM, meskipun namanya Window RAM namun RAM ini tidak ada hubungannya dengan Microsoft Windows. RAM ini dikembangkan oleh Samsung. WRAM merupakan VRAM port ganda berperforma tinggi. WRAM memiliki arsitektur yang menghasilkan bandwidth sekitar 25% lebih besar dibandingkan VRAM dengan biaya yang lebih rendah. WRAM menggunakan warna 24-bit yang menjadikannya cocok untuk monitor grafis beresolusi tinggi.

5. EDO RAM

EDO RAM merupakan singkatan dari Extended Data Output DRAM. Memiliki kecepatan 25% lebih cepat dibandingkan dengan DRAM biasanya. EDO DRAM mengambil terlebih dahulu blok memory setelahnya di saat mengirimkan blok memory sebelumnya ke CPU. EDO RAM pertama kali dikembangkan dan dipatenkan pada tahun 1990-an oleh Micron Technology.

You may also like

Leave a Comment